Oversubscribed Lebih dari 15x, GoTo Cetak Rekor IPO Saham

Pencapaian ini menunjukkan ketertarikan luar biasa publik terhadap bisnis model dan prospek masa depan GoTo. Rekor baru berhasil tercipta.
Foto: dok. PT GoTo Gojek Tokopedia
Foto: dok. PT GoTo Gojek Tokopedia

Bisnis.com, JAKARTA - Ada kabar baik dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo), calon emiten yang resmi melantai di bursa pada Senin mendatang (11/4). Di tengah rumor tingginya permintaan terhadap saham GoTo, salah satu underwriter IPO GoTo, telah mengkonfirmasi bahwa pemesanan saham mengalami kelebihan permintaan hingga 15x.

Moleonoto The, Direktur Utama Indo Premier Sekuritas, menjelaskan permintaan saham pada masa penawaran perdana saham (initial public offering/IPO) GoTo meningkat pesat saat periode public offering yang berlangsung pada 1 - 7 April lalu.

"Minat tinggi pasar membuat pesanan saham GoTo mengalami kelebihan permintaan hingga lebih dari 15x. Ini sebuah momen bersejarah, serta menjadi katalis positif bagi pergerakan IHSG yang beberapa kali sudah mencetak all-time high,” kata Moleonoto melalui penjelasan tertulis, Sabtu (9/4/2022).

Moleonoto menambahkan, jumlah investor yang berpartisipasi dalam IPO GoTo ini mencapai sekitar 300.000 single investor identification (SID), termasuk sebagian besar di antaranya adalah investor ritel.

“Pencapaian ini menunjukkan ketertarikan luar biasa publik terhadap bisnis model dan prospek masa depan GoTo. Rekor baru berhasil tercipta," kata Moelonoto.            

SID adalah nomor identitas tunggal yang dikeluarkan oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) kepada investor. Seorang investor hanya memiliki satu nomor SID dan menandakan pemiliknya telah terdaftar secara resmi sebagai investor di pasar modal.

Sebagai pembanding, saat IPO PT Bukalapak.com Tbk (BUKA), jumlah pemesanan saham mencapai sekitar 100.000 SID, dengan kelebihan permintaan hingga 8,7x. Sedangkan GoTo mencapai sekitar 300.000  SID dengan kelebihan permintaan sebanyak 15,7x.

Seperti diketahui, harga saham IPO GoTo ditetapkan di angka Rp 338 per saham, yang mencerminkan kapitalisasi pasar diperkirakan mencapai Rp 400,3 triliun (US$ 28 miliar). Masa penawaran umum saham telah berlangsung mulai 1 - 7 April 2022 dan pencatatan di Papan Utama BEI dengan kode saham GoTo dijadwalkan pada Senin depan, 11 April 2022, dengan kode saham GOTO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper