Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Freeport (PTFI) Kantongi Peringkat BBB- dari Fitch Ratings

Peringkat dari Fitch mencerminkan skala produksi dan cadangan Freeport Indonesia (PTFI) yang besar.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 05 April 2022  |  21:15 WIB
Freeport (PTFI) Kantongi Peringkat BBB- dari Fitch Ratings
Presiden RI Joko Widodo (kiri) akan melakukan peletakan batu pertama atau "groundbreaking" pembangunan pabrik pemurnian (smelter) tambang milik PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur, Selasa (12/10/2021). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Fitch Ratings telah menetapkan Peringkat Jangka Panjang 'BBB-' untuk produsen tembaga dan emas yang berbasis di Indonesia PT Freeport Indonesia (PTFI) dan menyematkan outlook Stabil.

Fitch Ratings juga menetapkan peringkat 'BBB-' untuk surat utang senior tanpa jaminan dolar AS yang diusulkan PTFI.

"Peringkat tersebut mencerminkan skala produksi dan cadangan PTFI yang besar, umur tambang yang panjang, posisi biaya yang solid, dan metrik keuangan yang kuat. Hal ini diimbangi dengan aset tunggalnya di Indonesia, yang menghadapkan PTFI pada risiko regulasi yang berlaku di negara tersebut," jelas Fitch Ratings dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (5/4/2022).

Arus kas yang kuat, didukung oleh biaya rendah, harga komoditas yang tinggi, dan peningkatan output dari produksi bawah tanahnya, akan membantu PTFI untuk mempertahankan profil keuangan yang solid seiring dengan kemajuan proyek pembangunan smelternya.

Sementara itu arus kas bebas (FCF) akan berubah negatif dalam jangka menengah karena dividen dan belanja modal yang meningkat, karena PTFI akan mendanai proyek smelter dengan utang.

"Namun, kami mengharapkan Freeport Indonesia untuk terus mengelola rencana dividennya untuk menghindari kerusakan profil leverage yang kuat," tulis Fitch Ratings.

Fitch menilai PTFI memiliki kekuatan kredit yang sama dengan pemegang sahamnya, Freeport-McMoRan Inc. (FCX, BBB-/Stabil), yang memiliki 48,76 persen sahamnya. Fitch percaya ada insentif strategis dan operasional yang tinggi bagi FCX untuk mendukung PTFI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

global bond Freeport fitch ratings fitch ptfi
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top