Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukalapak Buka Lock Up Saham Investor Strategis 28 Maret, Buy or Bye?

PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) akan membuka lock up saham para investor strategis pada 28 Maret 2022.
Warga menggunakan aplikasi Bukalapak di Jakarta, Selasa (18/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Warga menggunakan aplikasi Bukalapak di Jakarta, Selasa (18/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) akan membuka lock up saham para investor strategis pada 28 Maret 2022.

Frizon Akbar Putra, President dari Nilzon Capital dan John Octavianus, Principal Advisor Nilzon Capital menyatakan dengan asumsi tidak ada yang menjual sahamnya hingga saat ini, terdapat kemungkinan para investor strategis tengah mengalami kerugian.

“Kami menemukan bahwa sebagian besar investor pra-IPO kemungkinan sedang menghadapi floating loss mulai dari minus 34 persen hingga minus 53 persen pada Rp272 per saham harga penutupan BUKA per 17 Maret 2022, tergantung pada syarat dan ketentuan masingmasing investor selama putaran pendanaan,” katanya dalam riset, dikutip Kamis (24/3/2022).

Mereka menilai rata-rata harga beli saham para investor strategis berkisar Rp410 per saham hingga Rp584 per saham. Selain itu, BUKA menyatakan bahwa perseroan terikat kontrak dengan salah satu investor-pemasoknya untuk memenuhi sasaran belanja dari jasa cloud tertentu dengan tenggat waktu yang telah ditentukan.

Hal itu, sebagai ganti dari dana investasi di saham BUKA dengan target nilai belanja adalah dua kali lipat dari jumlah yang diinvestasikan oleh investor ini. Emiten teknologi itu juga memiliki kewajiban untuk membeli kembali atau menerbitkan saham tambahan kepada investor-pemasok ini jika gagal memenuhi target belanja hingga batas waktu yang telah ditentukan.

Dengan demikian, risiko dilusi dan kerugian finansial yang timbul dari perjanjian ini masih tetap ada sampai dengan tanggal penerbitan laporan keuangan BUKA kuartal III/2021. Dalam laporan keuangan itu, manajemen percaya bahwa mereka akan memenuhi target belanja selama periode waktu yang relevan.

“Kami perkirakan penjualan BUKA pada 2022 sebesar Rp 3,08 triliun dengan kelipatan price/sales [P/S] saat ini dari masing-masing tolok ukur penilaian untuk memberikan ruang bagi penilaian yang menguntungkan dan meminimalkan risiko menjadi terlalu pesimis,” tulis mereka.

Dengan menggunakan kelipatan P/S Sea Limited sebesar 6,83x dan estimasi pasar untuk penjualan FY 2022 sebesar Rp3,08 triliun, kisaran indikatif teratas untuk kapitalisasi pasar BUKA adalah sekitar Rp21,04 triliun, atau Rp204/saham.

Sementara untuk rentang bawah, dengan menggunakan rata-rata tertimbang pasar P/S kelipatan 2,85x dan estimasi pasar untuk penjualan TA 2022 sebesar Rp 3,08 triliun. Kisaran indikatif bawah untuk kapitalisasi pasar BUKA adalah sekitar Rp 8,77 triliun, atau Rp 85/saham.

Di sisi lain, Analis Kanaka Hita Solvera Andhika Cipta mengatakan besar kemungkinan saham BUKA akan mengalami rebound karena telah jauh dari harga IPO. Selain itu, IPO GoTo akan menjadi sentimen positif untuk saham perseroan.

“Pergerakan BUKA saat ini sudah mencerminkan fundamentalnya, dimana memang ketika BUKA IPO dulu, harganya cukup premium dengan keadaan kinerja laporan keuangan yang sedang negatif. Saat ini market sudah mulai merespons kinerja tersebut dan berbagai sentimen lainnya yang membayangi sektor teknologi,” pungkasnya.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper