Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rangkuman Data Kinerja Emiten Sawit yang Terdongkrak Harga CPO

Simak data lengkap seputar emiten sawit yang mendapat "berkah" dari kenaikan harga CPO. Ada data perbandingan pendapatan, perbandingan siapa paling laba dan siapa paling rugi, pertumbuhan, perbandingan aset, ekuitas, liabilitas, hasil IPO, dan data penting lain.
Pekerja menata kelapa sawit saat panen. Foto ilustrasi. Bisnis/Arief Hermawan P
Pekerja menata kelapa sawit saat panen. Foto ilustrasi. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA -Simak data lengkap seputar emiten sawit yang mendapat "berkah" dari kenaikan harga CPO di sini. Ada data perbandingan pendapatan, perbandingan siapa paling laba dan siapa paling rugi, pertumbuhan, perbandingan aset, ekuitas, liabilitas, hasil IPO, dan data penting lain.

Pulihnya permintaan pasar terhadap minyak sawit mentah disertai kenaikan harga komoditas crude palm oil (CPO) sepanjang tahun lalu ikut mendorong kinerja perusahaan yang bergerak di subsektor perkebunan sawit beserta produk turunannya.

Dari 27 perusahaan di subsektor perkebunan dan tanaman pangan yang tercatat di BEI, mayoritas di antaranya mampu mencatatkan pertumbuhan sangat pesat sepanjang sembilan bulan pertama tahun lalu. Sementara, hanya PT Golden Plantation Tbk. (GOLL) yang belum menyampaikan laporan keuangan kuartal III/2021. 

Berdasarkan laporan yang dihimpun oleh DataIndonesia.id, rata-rata pendapatan emiten di subsektor tersebut melonjak 40,39% untuk periode laporan keuangan yang berakhir pada September 2021. Adapun, laba bersih yang diatribusikan ke pemilik induk melesat 376,02% secara rata-rata sepanjang sembilan bulan pertama tahun lalu.

Sepanjang tahun lalu, reli harga CPO menjadi katalis positif kinerja emiten perkebunan sawit. Salah satu sentimen yang memengaruhi kenaikan harga CPO pada 2021 adalah pengetatan pasokan dan tingginya permintaan dari China yang berencana mengembangkan biodiesel di tengah krisis energi. Selain itu, India memutuskan untuk menghilangkan pajak impor untuk masa perayaan hari besar mereka. 

Pada tahun ini, harga CPO juga masih cenderung meningkat. Hal itu dipengaruhi oleh memanasnya konflik Rusia dan Ukraina serta terbatasnya pasokan dari negara-negara produsen utama.  Sepanjang Februari 2022, CPO juga masih mencatatkan tren penguatan.

Harga CPO untuk kontrak Mei 2022 bahkan sempat menyentuh rekor tertinggi sepanjang masa di level RM5.840 per ton pada 23 Februari lalu.  Selain itu, faktor cuaca yang akan menghambat proses penanaman dan panen sawit diprediksi memperpanjang kelangkaan CPO setidaknya selama enam bulan pertama tahun ini. Oleh karena itu, reli harga CPO pun diprediksi masih terus berlanjut. Selengkapnya di sini.

DataIndonesia.id juga merangkum berbagai data lengkap yang diharapkan dapat membantu pembaca mengambil keputusan yang lebih baik. Sebagai contoh, rangkuman data lengkap tentang indikator ekonomi makro Indonesia, data lengkap tentang MotoGP, perubahan kebutuhan tenaga kerja terkait dengan otomatisasi, perbandingan kinerja P2P lending produktif, perubahan pola pengeluaran masyarakat selama pandemi, prospek ekonomi Indonesia menurut berbagai lembaga, serta beragam laporan komprehensif lainnya.

Terkait dengan alat kecantikan, DataIndonesia.id juga telah merangkum data seputar produk skincare di sini. Data yang dihimpun antara lain mencakup penggunaan skincare selama pandemi, 8 jenis produk perawatan kulit yang paling banyak dipilih, produk perawatan kulit terpopuler, produk perawatan kulit yang paling banyak dipakai berdasarkan gender, pertimbangan dalam memilih produk kecantikan, kandungan skincare yang dicari perempuan, pendapatan produk perawatan dan kecantikan Indonesia. data selengkapnya beserta visualisaisnya dapat disimak di sini.

Minat masyarakat Indonesia terhadap produk kecantikan dan perawatan tubuh terus tumbuh. Ketertarikan masyarakat akan berbagai produk tersebut tak tergerus oleh adanya pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal 2020. Justru, banyak orang yang semakin sering menggunakan produk-produk kecantikan, khususnya untuk perawatan kulit (skincare) selama pagebluk berlangsung. Selengkapnya dalam tautan ini.

DataIndonesia.id menyajikan beragam data untuk membantu Anda mengambil keputusan yang lebih tepat. Ada data tentang bursa dan keuangan, data mengenai industri dan sektor riil, mengenai perkembangan digital, internet dan telekomunikasi, serta data mengenai indikator sosial kemasyarakatan. Selengkapnya di sini.

Anda juga dapat mengakses arsip lengkap mengenai regulasi (peraturan yang dikeluarkan pemerintah), dokumen laporan-laporan industri dan kinerja yang diterbitkan pemerintah serta lembaga kredibel di sini dan di sini serta di sini

Tidak ketinggalan juga di DataIndonesia.id terdapat arsip mengenai hasil RUPS, kinerja perubahaan terbuka, prospektus ringkas, serta arsip berita koran. Selengkapnya di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : DataIndonesia.id
Editor : Setyardi Widodo
Sumber : DataIndonesia.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper