Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sinyal Suku Bunga Fed Belum Dorong Wall Street, Investor Pantau Rusia-Ukraina

Meski Federal Reserve memberikan kejelasan soal kenaikan suku bunga, Wall Street masih melemah akibat perkembangan ketegangan Rusia-Ukraina, termasuk lonjakan harga komoditas.
Pekerja berada di lantai Bursa Efek New York (NYSE) di New York, AS, Senin (3/1/2021). Bloomberg/Michael Nagle
Pekerja berada di lantai Bursa Efek New York (NYSE) di New York, AS, Senin (3/1/2021). Bloomberg/Michael Nagle

Bisnis.com, JAKARTA - Wall Street kompak melemah pada perdagangan Kamis (3/3/2022) seiring dengan jatuhnya harga minyak mentah karena investor memantau perkembangan ketegangan Rusia-Ukraina.

Mengutip Yahoo Finance, saham jatuh pada hari ini Kamis setelah reli sehari sebelumnya, sementara harga energi stabil setelah melonjak melampaui US$100 per barel.

S&P 500 turun -0,53 persen menjadi 4.363,49, Dow Jones turun -0,29 persen menjadi 33.794,66, dan Nasdaq turun -1,56 persen hingga 13.537,94.

S&P 500 berfluktuasi antara keuntungan dan kerugian, dan Nasdaq berada di bawah tekanan dalam perdagangan sore. S&P 500 telah melonjak 1,9 persen pada hari Rabu karena masing-masing Dow dan Nasdaq juga naik.

Pergerakan lebih tinggi terjadi menyusul penegasan dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell bahwa bank sentral akan mengambil pendekatan terukur untuk menaikkan suku bunga di tengah ketidakpastian geopolitik yang membantu menenangkan pasar yang bergejolak untuk sementara waktu.

Fokus investor beralih ke kesaksian Powell di hadapan Komite Jasa Keuangan DPR pada hari Rabu, di mana kepala Fed mengatakan secara eksplisit bahwa ia akan mendukung kenaikan suku bunga seperempat poin setelah pertemuan Fed Maret akhir bulan ini.

Powell membuka kemungkinan bahwa Fed akan menaikkan suku bunga dan mengencangkan lebih agresif akhir tahun ini, bagaimanapun, mengingat tekanan inflasi yang terus-menerus saat ini beriak di seluruh ekonomi AS yang solid.

"Dengan menyatakan bahwa 25 basis poin adalah kemungkinan jalur Fed, itu menghilangkan beberapa ketidakpastian. Dan ada perdebatan besar di pasar tentang apakah itu akan menjadi 25 basis poin atau 50 basis poin," Chris Zaccarelli, kepala investasi untuk Aliansi Penasihat Independen, mengatakan kepada Yahoo Finance Live pada hari Rabu.

"Jelas, [dengan] konflik di Ukraina dan sanksi berpotensi meredam pertumbuhan ekonomi global, yang membuatnya lebih mungkin bahwa Fed ingin bergerak sedikit lebih lambat," tambah Zaccarelli. "Tetapi di sisi lain, inflasi meningkat ... Ini menjadi perhatian kami bahwa mereka harus bertahan lebih lama dan lebih tinggi dari yang diperkirakan orang saat ini."

Dan penurunan harga energi yang terus berlanjut telah memicu kekhawatiran inflasi, meskipun minyak memperlambat kenaikan baru-baru ini pada hari Kamis.

Harga minyak mentah AS melonjak di atas US$116 per barel untuk mencapai level tertinggi lebih dari satu dekade sebelum mundur sedikit, karena investor memantau potensi kejatuhan pasar energi dari invasi Rusia ke Ukraina. Dan sementara itu minyak mentah Brent – standar internasional – meroket lebih jauh hingga mendekati US$120 per barel.

Dan data lain tentang ekonomi AS telah menunjukkan pasar tenaga kerja yang ketat, menunjukkan kenaikan upah juga akan tetap menjadi kontributor inflasi yang berkelanjutan.

Laporan ketenagakerjaan Automatic Data Processing Inc (ADP) mengatakan Rabu bahwa penggajian sektor swasta AS tumbuh 475.000 pada Februari, atau jauh di atas 375.000 pekerjaan yang diharapkan, menyusul lonjakan lebih dari setengah juta pekerjaan pada Januari.

Pekerjaan resmi Departemen Tenaga Kerja Februari akan dirilis Jumat pagi, dan diharapkan menunjukkan peningkatan tahunan 5,8 persen dalam pendapatan rata-rata per jam.

"Pertumbuhan upah saat ini terlalu tinggi untuk kenyamanan, tidak peduli seberapa optimis Anda tentang prospek pertumbuhan produktivitas, dan The Fed harus memberi sinyal kepada sektor swasta bahwa mereka serius untuk mencegah lonjakan upah/harga," Ian Shepherdson , kepala ekonom untuk Pantheon Macroeconomics, mengatakan dalam sebuah catatan Rabu. "QT [Pengetatan kuantitatif] masih dalam diskusi, tanpa pengumuman dalam waktu dekat, tetapi kami berpikir bahwa setiap anggota FOMC yang memberikan suara sekarang mengharapkan untuk memilih kenaikan bulan ini."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Sumber : Yahoo Finance
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper