Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Medco Energi (MEDC) Rampungkan Akuisisi Aset ConocoPhillips Senilai US$1,35 Miliar

Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) sebelumnya mengakuiisisi ConocoPhillips Indonesia Holding Ltd. (CIHL) senilai US$1,35 miliar, dengan tanggal efektif 1 Januari 2021.
MedcoEnergi. /Medco
MedcoEnergi. /Medco

Bisnis.com, JAKARTA – PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) mengumumkan penyelesaian akuisisi seluruh saham yang diterbitkan ConocoPhillips Indonesia Holding Ltd. (CIHL) dari Phillips International Investments Inc., anak perusahaan ConocoPhillips Company (COP).

CIHL dijual kepada MEDC senilai US$1,35 miliar, dengan tanggal efektif 1 Januari 2021. CIHL sendiri memiliki sepenuhnya saham ConocoPhillips (Grissik) Ltd (CPGL), sebagai Operator dari Corridor PSC dengan kepemilikan 54 persen working interest dan 35 persen interest di Transasia Pipeline Company Pvt. Ltd. (Transasia).

Kas bersih dari penjualan adalah sekitar US$0,8 miliar, yang merupakan $0,1 miliar kas yang dibatasi penggunaannya yang ditransfer ke Medco Energi pada saat penutupan.

Corridor PSC memiliki dua lapangan produksi minyak dan tujuh lapangan produksi gas berlokasi di onshore Sumatra Selatan, Indonesia, berdekatan dengan operasi MedcoEnergi di Sumatra Selatan. Mayoritas produksi dijual melalui kontrak jual beli gas jangka panjang kepada mitra yang handal di Indonesia dan Singapura.

Melalui Transasia, MedcoEnergi memiliki kepemilikan saham minoritas pada jaringan pipa gas yang menyuplai pelanggan di Sumatra Tengah, Batam, dan Singapura.

Chairman dan CEO ConocoPhillips Ryan Lance mengatakan bangga dengan sejarah setengah abad ConocoPhillips di Indonesia dan senang Medco Energi mengakui nilai bisnis ConocoPhillips.

“Disposisi ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk memfokuskan investasi kami pada peluang pasokan yang berbiaya rendah,” ujar Lance dalam keterangan resmi, Kamis (3/3/2022).

Aset yang dijual menghasilkan 51.000 barel setara minyak per hari (MBOED) selama 2021 dan memiliki cadangan terbukti akhir tahun 2021 sekitar 70 juta barel setara minyak.

Manajemen MEDC menyebut akuisisi ini sesuai dengan strategi Medco Energi untuk memiliki dan mengembangkan aset yang berkualitas tinggi serta menghasilkan arus kas positif.

Akuisisi ini juga memperkuat posisi MEDC sebagai perusahaan energi dan sumber daya alam independen terkemuka di Indonesia dan menegaskan kembali komitmen perseroan terhadap pembangunan nasional Indonesia.

“Akuisisi ini akan menghasilkan sinergi dengan operasi Medco Energi di Sumatra serta mendukung Strategi Perubahan Iklim Perseroan, termasuk peluang carbon capture,” tulis manajemen MEDC.

Tahun ini, MEDC menargetkan untuk produksi minyak dan gas 155 mboepd, penjualan listrik 3.500 GWh, dengan biaya produksi minyak dan gas per unit di bawah US$10/boe. Adapun, MEDC menganggarkan belanja modal minyak dan gas US$275 juta dan kelistrikan US$50 juta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper