Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Panca Mitra (PMMP) Bidik Penjualan Ekspor Tembus 22.000 Ton

Sekretaris Perusahaan PMMP Christian Jonathan optimistis penjualan ekspor bisa menyentuh level 22.000 ton hingga akhir tahun
Suasana di salah satu fasilitas produksi PT Panca Mitra Multiperdana Tbk./istimewa
Suasana di salah satu fasilitas produksi PT Panca Mitra Multiperdana Tbk./istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) menargetkan penjualan ekspor pada 2022 naik 12 sampai 13 persen dibandingkan dengan pencapaian 2021.

Sebagai informasi, total penjualan per November 2021 berjumlah 18.000 ton. Sekretaris Perusahaan PMMP Christian Jonathan optimistis ekspor bisa menyentuh level 22.000 ton hingga akhir tahun

"Kami targetkan mampu mencapai sekitar 22.000 ton untuk 2022 atau naik sekitar 12 sampai 13 persen dari dari pencapaian 2021," katanya, Senin (21/2/2022).

Dia mengatakan target pertumbuhan ini didorong oleh sejumlah katalis, terutama pertumbuhan yang kuat dari para importir di Amerika Serikat. Dalam kurun Januari sampai September 2021, ekspor ke pasar Amerika mencapai US$113,57 juta, naik 9,49 persen secara tahunan.

"Pertumbuhan yang kuat ini didukung dari sektor horeka yang mulai bergeliat seiring dengan pemulihan ekonomi di Amerika Serikat, sedangkan sektor retail juga masih menunjukkan pertumbuhan yang stabil didukung oleh infrastruktur e-commerce yang telah siap," tambah Christian.

Adapun untuk pasar domestik, perusahaan menargetkan pertumbuhan penjualan di kisaran 250–300 persen untuk 2022.

Christian mengatakan penjualan domestik bisa digenjot, seiring dengan kerja sama yang terjalin dengan PT Mulia Raya Agrijaya dan GK Hebat dalam hal distribusi produk Ebinoya. Dia mengemukakan kerja sama tersebut menjadi modal bagi PMMP untuk mulai meningkatkan penetrasi pasar domestik yang sebelumnya masih sangat rendah.

Dengan infrastruktur yang dimiliki oleh PT Mulia Raya Agrijaya dan pangsa pasar yang telah dimiliki oleh GK Hebat, serta didukung oleh strategi pemasaran yang optimal, Christian meyakini PMMP mampu meningkatkan penetrasi pasar domestik pada tahun ini secara signifikan.

"PMMP sendiri telah menyediakan alokasi biaya pemasaran yang cukup tinggi untuk mendukung rencana bisnis ini," katanya.

Sejauh ini, permintaan untuk produk Ebinoya yang diterima PMMP terbilang cukup tinggi karena terbatasnya produk sejenis di pasaran. Christian mengatakan situasi pasar ini membuat produk Ebinoya memiliki keunggulan kompetitif.

"Didukung oleh meningkatnya demand masyarakat untuk frozen food, kami yakin produk kami Ebinoya mampu diterima baik di pasar domestik," katanya.

Terakhir, mulai beroperasinya pabrik kedelapan secara penuh disebut Christian bisa meningkatkan profitabilitas perusahaan ke depan. Pabrik terbaru ini berfokus pada produksi olahan udang seperti breaded shrimp dan pre-fried shrimp.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper