Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Rug Pull di Dunia Kripto, Contoh Kasus dan Cara Menghindarinya

Rug pull adalah bentuk penipuan dalam kripto di mana developer atau pengembang meninggalkan proyek yang mereka buat, setelah sebelumnya mengumpulkan dana dari investor.
Ilustrasi aset kripto Bitcoin, Ether, dan Altcoin/Istimewa
Ilustrasi aset kripto Bitcoin, Ether, dan Altcoin/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Investasi aset kripto mulai menghadapi babak baru selain volatilitasnya yang sangat tinggi, yakni celah aksi scam atau penipuan dengan skema rug pull.

Pengamat Keamanan siber dari Vaksincom Alfons Tanujaya mengingatkan setidaknya terdapat 5 risiko membeli koin dan token kripto saat ini.

Pertama, volatilitas yang luar biasa tinggi. Antara Juli–Oktober 2021 harga bitcoin pada Januari 2021 US$40.000, 12 April US$63.000, Juli 2021 US$29.800, November 2021 US$69.000 dan Desember pada level US$49.000.

"Ini kita membicarakan mata uang kripto nomor 1, Bitcoin. Jadi kalau mata uang kripto terbaik memiliki fluktuasi seperti ini, banyak mata uang kripto lain yang bisa naik tinggi, lalu turun dan tidak naik-naik lagi," urainya, Senin (14/2/202).

Kedua, tidak ada regulator utama yang mengontrol, bergantung pada blockchain yang terdesentralisasi.

Ketiga, sifat transaksi tidak dapat dibatalkan, sekali tercatat tetap tercatat. Sekalipun transaksi tersebut terjadi karena aksi kriminal.

Keempat, rumit dan mengandalkan teknologi, 100 persen bergantung pada channel digital, jika kode rahasia kredensial atau private key aset anda hilang atau berhasil dicuri, maka aset tersebut akan hilang selamanya dan tidak ada kemungkinan kembali.

Kelima, exchange atau tempat bertransaksi kripto, mengembangkan serta menyimpan aset kripto investor. Jika exchange mengalami kebangkrutan atau peretasan, maka aset kripto yang disimpan di exchange juga akan ikut dicuri dan tidak ada jaminan terhadap keamanan aset kripto Anda.

Di sisi lain, berinvestasi kripto memiliki potensi menghasilkan return yang lebih besar daripada jenis investasi lainnya. Namun, tetap harus berhati-hati dan mempelajari terlebih dahulu aset yang ingin kamu beli agar kamu tidak terjebak oleh modus-modus penipuan seperti rug pull. Apa itu rug pull dan bagaimana cara menghindarinya? .

Pengertian Rug Pull
Mengutip Pintu.co.id, Rug pull adalah bentuk penipuan dalam kripto di mana developer atau pengembang meninggalkan proyek yang mereka buat, setelah sebelumnya mengumpulkan dana dari investor. Pemilik project melakukan penjualan aset kripto dari proyek yang dikembangkan secara serentak dan dalam jumlah banyak sehingga nilai aset yang dimiliki investor menjadi tidak berharga.

Rug pull atau exit scam biasanya terjadi pada token-token dalam decentralized exchange (DEX) yang mengandalkan kumpulan aset yang disimpan dalam DEX tersebut. Dalam rug pull, penipu yang mengaku sebagai pengembang biasanya merancang sebuah proyek menjanjikan yang menarik banyak pengguna.

Proyek ini lalu disebarkan dan menarik banyak investor yang kemudian membuat harga aset menjadi meningkat. Saat harga naik ke titik yang dianggap memuaskan bagi penipu, mereka kemudian serentak menjual semua aset yang mereka miliki (biasanya sangat besar) lalu menghancurkan harga aset tersebut dan merugikan semua investor yang sudah menyimpan dana.

Kata rug pull diambil dari perumpamaan bahasa Inggris, yang memiliki arti harfiah menarik karpet sehingga membuat orang yang berdiri di atasnya terjatuh. Penipuan ini terjadi dalam periode waktu yang singkat dan cepat sehingga kebanyakan investor kecil yang mengikuti tren akan sangat dirugikan tanpa mengerti apa yang terjadi.

Contoh kasus rug pull yang pernah terjadi

Salah satu aset kripto yang cukup populer sejak awal Oktober 2021 adalah SQUID. Aset kripto meme koin ini dibuat berdasarkan salah satu serial populer di Netflix yaitu Squid Game, meski tidak berhubungan secara langsung dengan serial tersebut.

Sejak informasinya disebar, harga token SQUID tiba-tiba meningkat drastis karena banyak investor melihat promosinya melalui berbagai media sosial. Antara 26 Oktober dan 1 November, harga koin Squid naik lebih dari 23 juta persen, dari hanya satu sen menjadi US$2.861,80. Kenaikan ini lalu diikuti penurunan harga hingga menjadi US$0,003 dolar dan semua orang melihat bahwa koin Squid hanyalah sebuah rug pull.

Pengembang SQUID diduga meninggalkan proyek dan menjual token mereka, menghasilkan sekitar US$3,3 juta dolar. Setelah diteliti, ternyata white paper proyek Squid game pun dipenuhi dengan berbagai kesalahan tata bahasa dan tidak disusun secara profesional. Saat ini, Coinmarketcap sudah menyematkan peringatan dalam halaman SQUID di situsnya agar pengguna sadar akan potensi penipuan.

Contoh kasus lain yakni pada April 2021, Thodex, sebuah pertukaran kripto dari Turki dengan sekitar 400.000 pengguna dituduh melakukan exit scam. Dalam kasus rug pull yang satu ini ini, CEO Thodex diduga membawa lari US$2 miliar dana pengguna bersamanya saat melarikan diri dari Turki. Para pengguna mengaku tidak bisa mengakses dana yang mereka miliki.

Saat ini, kebanyakan tim Thodex sudah diamankan oleh kepolisian Turki dan CEO Thodex dimasukkan ke dalam daftar pencarian orang Interpol.

Bagaimana cara mengidentifikasi dan menghindari rug pull
Rug pull adalah salah satu metode manipulasi penipu yang caranya tidak melalui metode phishing, peretasan, dan cara tersembunyi lainnya. Manipulasi ini terjadi secara publik dan hal tersebut justru membuatnya lebih sulit diidentifikasi dibanding penipuan lainnya. Exit scam memanfaatkan salah satu kelemahan aset kripto yang jarang dibicarakan yaitu kekuatan penyebaran informasi, FOMO (fear of missing out), dan komunitas kripto yang dengan mudah bisa mempengaruhi satu sama lain.

Dalam dunia cryptocurrency, kenaikan yang mencapai 100 persen atau bahkan 1,000 presen sangat mungkin terjadi dan investor-investor biasanya akan langsung menyerbu aset kripto yang mengalami kenaikan drastis karena FOMO. Hal inilah yang justru menjadikan mereka sasaran para penipu.

Maka dari itu, kita harus meneliti sebuah aset sebelum langsung membelinya agar bisa membedakan antara aset kripto yang menjanjikan dan proyek rug pull. Berikut beberapa hal yang bisa kita pertimbangkan untuk mengidentifikasi proyek yang berpotensi melakukan rug pull.

1. Meneliti tim developer di balik sebuah proyek
Pertama, sebelum kita berinvestasi dalam sebuah aset kripto, kita harus selalu meneliti siapa orang atau organisasi yang membentuk dan mengawasi aset tersebut. Kita harus mengetahui siapa saja yang berada pada struktur organisasinya, bagaimana sejarah mereka, dan apa saja yang sudah mereka lakukan.

2. Melihat data dan informasi jaringan
Kedua, dalam konteks jaringan blockchain, kita bisa melihat aktivitas on-chain dari sebuah aset kripto. Hal ini termasuk data volume perdagangan dalam beberapa hari terakhir, berapa jumlah likuiditasnya, dan berapa DEX yang mendaftarkannya sebagai sebuah aset kripto yang sah. Proyek yang memiliki potensi rug pull biasanya hanya terdaftar dalam beberapa DEX saja dan memiliki aktivitas perdagangan yang kecil. 

Selain itu, kita juga bisa menggunakan block explorer untuk melihat siapa saja yang memegang aset kripto tersebut dan apakah jumlahnya banyak atau sedikit. 

3. Menghindari FOMO dan membaca berita
Terakhir, kita perlu menyelaraskan data yang kita cari dengan berita yang sedang populer. Kita bisa mengetahui bagaimana respon komunitas kripto terhadap aset tersebut, melihat forum-forum populer seperti reddit, dan juga memeriksa berita dari situs-situ crypto terpercaya. Hal ini dilakukan agar kita tidak terjebak dalam FOMO dan bisa melihat gambaran besar popularitas sebuah aset kripto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper