Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Parah! Ether, Solana, dan Dogecoin Ikut Anjlok Bareng Bitcoin

Bitcoin telah kehilangan sekitar 20 persen dari nilainya, sementara hampir 30 persen untuk Ether. Token AVAX Solana, SOL dan DeFi-play Avalanche masing-masing telah turun hampir 38 persen.
Ilustrasi aset kripto Bitcoin, Ether, dan Altcoin/Istimewa
Ilustrasi aset kripto Bitcoin, Ether, dan Altcoin/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sikap risk-off investor dan tekanan jual di pasar kripto global tidak menunjukkan tanda-tanda mereda pada hari Sabtu (22/1/2022) setelah Bitcoin meluncur turun sebanyak 4 persen dan Ether turun sekitar 7 persen di pasar AS.

Bitcoin, cryptocurrency terbesar berdasarkan nilai pasar, diperdagangkan sekitar US$35.300 pada 16:15 waktu AS, setelah sebelumnya menyentuh US$34.042.77.

Penurunan ini mewakili kerugian lebih dari 50 persen dari tertinggi sepanjang masa November lalu.

Sentimen penurunan ini dibareng dengan dengan sinyal hawkish dari Fed serta petunjuk peraturan baru oleh Gedung Putih dan ancaman larangan langsung di Rusia. Alhasil, kondisi saat ini juga menekan tidak hanya Bitcoin, tetapi juga aset kripto lainnya, termasuk Ether.

Selama tujuh hari perdagangan terakhir, Bitcoin telah kehilangan sekitar 20 persen dari nilainya, sementara hampir 30 persen untuk Ether. Token AVAX Solana, SOL dan DeFi-play Avalanche masing-masing telah turun hampir 38 persen.

Adapun, Dogecoin turun 30 persen dalam seminggu, sementara Shiba Inu turun 38 persen, dikutip CoinMarketCap.

"Crypto adalah aset berisiko naik turun,” kata Leigh Drogen dari Starkiller Capital dalam wawancara TV Bloomberg.

“Ini bahkan lebih merupakan aset berisiko sekarang karena sebagian besar kapitalisasi pasar kripto adalah Ethereum, Solana, dan segala macam hal lain yang pada dasarnya hanya teknologi di mana kami mengedepankan asumsi besar pertumbuhan global hingga saat ini.”

Sementara itu, Amy Wu Silverman dari RBC Capital Markets mengungkapkan teknis utama yang harus diperhatikan adalah rasio Ether terhadap Bitcoin. Setelah diperdagangkan di atas 0,07 selama beberapa bulan, Ether telah turun ke level terendah relatif terhadap Bitcoin sejak Oktober.

“Sekarang, ini secara resmi merupakan koreksi risk-off di seluruh papan,” tulis Wu Silverman dalam sebuah catatan pada hari Sabtu. “Tidak ada tempat untuk bersembunyi.”

Level berikutnya yang harus diperhatikan adalah 0,055, menurut Wu Silverman. “Perhatikan rasio ETH/BTC dari 0,055-0,088,” tulisnya. Ketika sampai ke level 0,055 maka pedagang harus memilih bertahan.

Penurunan Ether relatif terhadap cryptocurrency terbesar di dunia juga menarik perhatian Noelle Acheson, Kepala Wawasan Pasar di Genesis Global Trading Inc. Baginya, ini adalah pengingat bahwa Ether bahkan lebih rentan terhadap perubahan selera risiko yang didorong oleh makro daripada Bitcoin.

“Ini mengingatkan kita bahwa BTC adalah aset berisiko yang terkena sentimen risk-off, tetapi ETH lebih dari itu [telah kehilangan lebih dari 40 persen nilainya selama 30 hari terakhir!],” tulis Acheson dalam email. “Sungguh aneh melihat BTC menjadi pemain yang kuat hari ini.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper