Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Emas Global Terdorong Pernyataan Powell

Fakta bahwa pernyataan Ketua The Fed Jerome Powell tidak lebih hawkish dari yang diperkirakan mungkin sedikit meredakan pasar emas.
Aneka emas batangan beragam ukuran dan bentuk. Harga emas dunia menembus level US$1.800 per troy ounce dan diperkirakan akan terus menguat seiring dengan pelemahan dolar AS./Bloomberg
Aneka emas batangan beragam ukuran dan bentuk. Harga emas dunia menembus level US$1.800 per troy ounce dan diperkirakan akan terus menguat seiring dengan pelemahan dolar AS./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Harga emas menguat sekitar satu persen pada akhir perdagangan Selasa atau Rabu pagi WIB) karena dolar AS tergelincir.

Mengutip Antara, dolar melemah setelah kesaksian Ketua Federal Reserve (Fed) AS Jerome Powell di depan Kongres tidak menimbulkan kejutan dalam hal pengetatan moneter, sementara penurunan dalam imbal hasil obligasi juga memberikan dukungan.

Harga emas paling aktif untuk pengiriman Februari di divisi Comex New York Exchange, melonjak US$19,7 atau 1,1 persen menjadi ditutup pada US$1.818,50 per ounce.

Harga emas berjangka kembali di atas level US$1.800, setelah pekan lalu mencatat penurunan mingguan sekitar 1,7 persen, terbesar sejak pekan yang berakhir 26 November.

Pada sidang konfirmasi untuk masa jabatan empat tahun kedua sebagai Ketua Federal Reserve di Kongres pada Selasa (11/1/2022), Jerome Powell dengan jujur mengakui bahwa inflasi yang tinggi akan bertahan hingga pertengahan tahun 2022.

The Fed akan bertindak jika diperlukan untuk mengendalikan kenaikan harga dan harus menaikkan suku bunga lebih banyak jika inflasi tinggi berlanjut.

Powell juga mengatakan bahwa bank sentral dapat mendinginkan inflasi tanpa merusak pasar tenaga kerja. Ia mencatat bahwa para pembuat kebijakan masih memperdebatkan pendekatan untuk mengurangi neraca Fed dan mengatakan inflasi berjalan sangat jauh di atas target dan itu "jalan panjang" untuk apa pun yang dekat dengan kebijakan restriktif.

"Fakta bahwa Powell tidak lebih hawkish dari yang diperkirakan mungkin sedikit meredakan pasar emas," kata Analis Senior Kitco Metals, Jim Wyckoff.

Menyusul pernyataan Powell, dolar turun 0,4 persen terhadap sekeranjang mata uang utama pesaingnya, sementara imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun yang dijadikan acuan mundur dari tertinggi baru-baru ini.

Emas sering dilihat sebagai lindung nilai terhadap inflasi, tetapi emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS, karena meningkatkan peluang kerugian memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

"Harga emas naik karena reli imbal hasil obligasi berhenti ketika Ketua Fed Powell mengisyaratkan Fed kemungkinan akan mulai menormalkan kebijakan tahun ini," Analis Pasar Senior OANDA, Ed Moya, menulis dalam sebuah catatan.

Fokus sekarang bergeser ke data indeks harga konsumen (IHK) inti AS yang akan dirilis pada Rabu waktu setempat, yang diperkirakan telah meningkat sebesar 5,4 persen secara tahunan pada Desember dari 4,9 persen di bulan sebelumnya.

Peter Mooses, ahli strategi pasar senior di RJO Futures mengatakan ketidakpastian ekonomi terkait dengan pandemi dan volatilitas di pasar yang lebih luas juga tampaknya membantu aset safe-haven emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Hafiyyan
Sumber : antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper