Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Champ Resto (ENAK) Pengelola Monsieur Spoon IPO, Cari Dana Rp633,33 Miliar

Champ Resto Indonesia menggelar masa penawaran awal IPO selama 12-20 Januari 2022.
Monsieur Spoon merupakan salah satu gerai andalan Champ Resto/Istimewa.
Monsieur Spoon merupakan salah satu gerai andalan Champ Resto/Istimewa.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Champ Resto Indonesia Tbk., pengelola restoran Gokana Ramen & Teppan dan cafe Monsieur Spoon, berencana melepas 666 juta saham dengan target dana segar maksimal Rp633,33 miliar pada akhir penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham. 

Calon emiten yang bergerak di bidang usaha restoran itu akan melepas 666,66 juta saham atau 30 persen dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh. Sebanyak-banyaknya 222,22 juta adalah saham baru yang dikeluarkan dari portepel perusahaan.

Lalu, sekitar 444,44 juta adalah milik Barokah Melayu Foods Pte. Ltd sebagai pemilik saham penjual atau divestasi. Perseroan menegaskan saham yang didivestasikan tidak sedang dalam sengketa.

Berdasarkan prospektus IPO, Rabu (12/1/2022), Champ Resto akan melepas dengan harga penawaran antara Rp800 sampai dengan Rp950 per saham. Dengan demikian, perseroan berpotensi meraup dana segar hingga Rp633,33 miliar.

Akan tetapi, mayoritas penggunaan dana segar itu akan dialokasikan untuk membayar utang perseroan. Sekitar 22 persen dari hasil dana IPO untuk membayar utang kepada Bank Cimb Niaga. Lalu 22 persen lagi, dipakai melunasi utang kepada Ali Gunawa dan Barokah Melayu Foods Pte. Ltd.

Sebagai informasi, Ali Gunawan adalah salah satu pemegang saham perseroan dengan kepemilikan sekitar 310,3 juta lembar. Jumlah itu setara dengan 13,96 persen dari total saham perseroan.

Selain membayar utang, Champ Resto juga mengalokasikan dana untuk belanja modal. Sekitar 7 persen dipakai untuk merenovasi outlet baru. Lalu sekitar 4 persen digunakan untuk renovasi outlet lama. Kemudian 3 persen untuk meningkatkan dapur utama dan sarana penunjang lainnya.

Adapun sisa dari hasil dana akan digunakan untuk mendukung kegiatan usaha perseroan seperti pembelian bahan baku, gaji karyawan dan biaya-biaya lain.

Berikut ini adalah jadwal sementara penawaran umum saham perdana Champ Resto Indonesia:

  • Masa Penawaran Awal: 12-20 Januari 2022
  • Perkiraan Tanggal Efektif: 27 Januari 2022
  • Perkiraan Penawaran Umum: 31 Januari – 3 Februari 2022
  • Perkiraan Tanggal Penjatahan: 3 Februari 2022
  • Perkiraan Tanggal Distribusi: 4 Februari 2022
  • Perkiraan Tanggal Pengembalian: 4 Februari 2022
  • Perkiraan Tanggal Pencatatan di BEI: 7 Februari 2022

Per 31 Desember 2021, perseroan mengoperasikan 276 outlet yang di Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi. Sekitar 88 persen dari total outlet saat ini berada di Jawa. Sejak 2017, perseroan mengembangkan outlet Gokana dan Raa Cha di luar Jabodetabek dan Jawa Barat.

Selain Gokana, Champ Resto Indonesia juga mengelola Raa Cha Suki & BBQ, Monsieur Spoon (French Bakery Café), BMK (Baso Malang Karapitan), Platinum Resto dan Café, Chopstix, dan bmk (Baso Mie Kopi)

Berikut jajaran dewan komisaris dan direksi Champ Resto Indonesia:

Dewan Komisaris:
Komisaris Utama/Independen: Tjahyono Firmansyah
Komisaris: Yenni Budiman
Komisaris: Sjariful Haq

Dewan Direksi:
Direktur Utama: Ali Gunawan Budiman
Direktur: Hendrik Alexander Wanggur Mboi
Direktur: Christopher Supi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper