Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Chairul Tanjung Sebut Transmart dan Bukalapak (BUKA) Bakal Berkongsi Buat e-Commerce

Perusahaan ritel milik pengusaha Chairul Tanjung, Transmart, tidak akan diakuisisi oleh Bukalapak, melainkan hubungan keduanya akan terjalin dalam bentuk kolaborasi. Saat ini, BUKA diketahui menjadi investor strategis dalam aksi rights issue PT Allo Bank Tbk. (BBHI).
Chairul Tanjung / bankmega.com
Chairul Tanjung / bankmega.com

Bisnis.com, JAKARTA – CEO CT Corp Chairul Tanjung mengungkapkan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) untuk membentuk perusahaan patungan e-commerce, khusus fresh dan grocery.

“Sekarang sedang dalam proses. Kami akan membentuk perusahaan patungan e-Commerce khusus untuk fresh dan grocery, antara Trans Retail dengan Bukalapak. 55 persen CT Corp dan 45 persen Bukalapak,” ujar Chairul Tanjung di Jakarta, Selasa (11/1/2022).

Dia pun menyatakan bahwa Transmart tidak akan diakuisisi oleh Bukalapak, melainkan hubungan keduanya akan terjalin dalam bentuk kolaborasi. Saat ini, BUKA diketahui menjadi investor strategis dalam aksi rights issue PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI).

Allo Bank, yang 90 persen sahamnya digenggam oleh Mega Corpora, berencana menerbitkan sebanyak 10,04 miliar saham biasa atas nama dengan nominal Rp100 per saham. Dengan harga pelaksanaan rights issue sebesar Rp478 per saham, BBHI berpotensi meraih dana Rp4,8 triliun.

BBHI menjadwalkan periode perdagangan di Bursa Efek Indonesia yang dilaksanakan selama 5 hari kerja, terhitung mulai 13 Januari 2022 hingga 19 Januari 2022. Artinya, HMETD yang tidak dilaksanakan hingga tanggal akhir periode tersebut dinyatakan tidak berlaku lagi.

Dalam prospektusnya, Bukalapak akan menyerap 2,49 miliar saham atau 11,49 persen dari total saham BBHI. Dengan harga pelaksanaan Rp478 per saham, Bukalapak diperkirakan bakal menyuntikkan dana sebanyak Rp1,19 triliun.

Selain BUKA, entitas lain yang akan menyerap rights issue BBHI adalah Abadi Investment Pte.Ltd sebanyak 1,52 miliar saham, dan PT Indolife Investama Perkasa sebanyak 1,30 saham.

Selain itu, ada juga H Holdings Inc. sebanyak 448,74 juta saham, Trusty Cars Pte. Ltd sebanyak 150 juta saham, dan PT CT Corpora sebanyak 408,31 juta saham Allo Bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper