Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fans Sejati Bitcoin Bakal Diuji Tahun Ini, Kripto Disebut Masuk Fase Sulit

Bitcoin jatuh sejalan dengan saham bernilai tinggi menjelang putaran baru pengetatan bank sentral AS, The Fed.
Ilustrasi aset kripto Bitcoin, Ether, dan Altcoin/Istimewa
Ilustrasi aset kripto Bitcoin, Ether, dan Altcoin/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Fans sejati cryptocurrency percaya Bitcoin merupakan lindung nilai paling kuat terhadap tekanan inflasi yang merajalela.

Sementara bagi mereka yang skeptis, dunia kripto secara keseluruhan hanyalah fatamorgana yang kenaikan asetnya secara besar-besaran hingga melewati US$2 triliun hanyalah produk spekulatif dari aliran uang tunai yang luar biasa di ekonomi global. Kelompok ini menilai kripto pada dasarnya merupakan ‘gelembung besar.

Kini, kedua teori yang berlawanan tersebut akan menghadapi ujian terbesar mereka.

Mengutip Bloomberg, Senin (10/1/2022), jika ditelisik ke belakang, Bitcoin muncul lebih dari satu dekade lalu dari puing-puing krisis keuangan global sebagai jalan pintas bank dan lembaga pemerintah yang terperosok dalam bencana besar Wall Street pada saat itu. Bitcoin terus menjaring pengikut, mengilhami banyak koin kripto lain dan mengalami beberapa perjalanan liar. Pada krisis besar berikutnya, pandemi Covid-19, pasar kripto akhirnya benar-benar lepas landas.

Kripto meledak setelah Maret 2020, ketika Federal Reserve dan Kongres AS mengeluarkan stimulus senilai triliunan dolar untuk menumpulkan pukulan ekonomi pandemi. Banyak uang tunai itu masuk ke aset digital. Bitcoin melonjak 305 persen pada 2020 dan mencapai kenaikan 60 persen pada tahun berikutnya, mencapai rekor harga hampir US$69.000 pada awal November 2021.

Namun, sejak itu, Bitcoin telah mengalami penurunan tanpa henti, sebagian besar terbebani oleh poros hawkish bank sentral. Sekarang, pembuat kebijakan bank sentral AS akan memulai serangkaian kenaikan suku bunga segera setelah Maret 2022. Alhasil masih harus dilihat apakah ekosistem kripto dapat bertahan tanpa itu.

Sejauh ini tidak terlihat bagus: Bitcoin sudah turun sekitar 40 persen dari level tertingginya, sementara koin terbesar nomor dua Ether dan “altcoin” lainnya juga mengalami penurunan tajam.

Jika mereka [The Fed] akan menaikkan suku bunga tiga kali pada 2022 dan mempertahankan program tersebut, dan era tarif rendah telah berakhir, kita akan benar-benar melihat seberapa banyak orang percaya pada tesis Bitcoin-crypto mereka,” kata Stephane Ouellette, kepala eksekutif dan salah satu pendiri platform crypto FRNT Financial Inc.

Michael O'Rourke, kepala strategi pasar di JonesTrading, setuju. Menurutnya pembelian aset Federal Reserve yang tampaknya terus-menerus telah menjadi landasan untuk investasi kripto.

Jika bank sentral AS mengikuti jalur yang ditetapkan dalam rilis risalah terbaru, yang menunjukkan bahwa pejabat Fed siap bergerak lebih cepat dari yang diharapkan untuk menaikkan suku bunga dan berpotensi menyusutkan neraca bank, maka aksi itu akan merusak tesis bullish Bitcoin dan banyak kripto lainnya.

Selama 13 tahun sejarahnya, Bitcoin telah menikmati lingkungan kebijakan moneter yang mudah dan tingkat suku bunga bank sentral pada level nol atau negatif.

David Tawil, presiden ProChain Capital menjelaskan, meskipun tidak ada jalur langsung dari pundi-pundi The Fed ke pesanan pembelian Bitcoin di bursa, ada koneksi terhadap dana lindung nilai kripto.

Pertama, The Fed yang membeli semua jenis aset dapat memiliki efek riak dan mengangkat harga investasi lainnya. “Semua daya beli, semua daya investasi yang ada harus pergi ke suatu tempat,” katanya.

Kedua, dengan tingkat suku bunga terendah, investor telah dipaksa untuk menjelajahi pasar untuk peluang hasil yang lebih tinggi dan banyak yang beralih ke kripto karena kemampuannya untuk membukukan keuntungan sangat besar.

Bayangkan investor obligasi sampah (junk bond) yang terbiasa dengan pengembalian satu digit tinggi bahkan pada hari-hari yang buruk. "Dia akan dipaksa untuk memasukkan uang ke dalam sesuatu yang berisiko, tetapi, yang lebih penting, sesuatu yang menghasilkan sesuatu yang biasa dia dapatkan,” kata Tawil.

Lantas apa jadinya bila kondisi keuangan global semakin ketat?

"Langkah awal adalah kebalikan dari apa yang terjadi ketika mereka memasukkan uang. Semuanya akan pergi dan berayun ke arah lain, sampai tenang. Itulah mengapa Anda memiliki reaksi langsung di pasar karena semua orang mengantisipasi bahwa uang akan meninggalkan hal-hal yang lebih berisiko,” jelas Tawil.

Terakhir kali bank sentral AS menaikkan suku bunga adalah pada Desember 2018, kenaikan terakhirnya dalam serangkaian kenaikan. Saat itu, Bitcoin diperdagangkan sekitar US$3.700 dan konsep seperti keuangan terdesentralisasi serta istilah token yang tidak dapat dipertukarkan, belum familiar.

Periode 2018 pun ternyata menjadi tahun yang sulit untuk cryptocurrency terutama menjelang akhir tahun, ketika Bitcoin kehilangan lebih dari 40 persen selama dua bulan terakhir, periode yang juga bertepatan dengan pelemahan saham AS.

Dinamika itu dimainkan lagi sekarang, dengan Bitcoin jatuh sejalan dengan saham bernilai tinggi menjelang putaran baru pengetatan Fed, kata Peter Boockvar, kepala investasi di Bleakley Advisory Group dan editor The Boock Report.

“Untuk saat ini, itu terbukti hanya sebagai aset risk-on/risk-off. Saya mengharapkannya untuk diperdagangkan dengan aset berisiko lainnya sebagai respons terhadap pengetatan Fed,” katanya.

Boockvar membandingkan koin digital dengan ARK Innovation ETF Cathie Wood, yang dipandang sebagai aset berisiko tertinggi dan juga terbukti sangat sensitif terhadap pengetatan Fed karena investor mulai lebih memperhatikan valuasi.

Bitcoin, bagaimanapun, tetap menjadi shape-shifter. Bitcoin telah mewakili banyak hal bagi banyak orang selama lebih dari satu dekade dan narasinya yang seringkali kontradiktif akan terus berkembang. Bagaimanapun, Bitcoin dalam perjalanannya juga banyak dikecam sebagai racun tikus, dan dinilai sebagai gelembung sesaat, namun laju Bitcoin bisa menguat setiap kali kecaman itu datang.

Dan ketika adopsi institusional meningkat, masa depan Bitcoin juga dapat menjadi lebih jelas, kata Max Gokhman, kepala investasi di AlphaTrAI.

“Kita tidak boleh mengabaikan bahwa di masa depan kasus penggunaan Bitcoin dapat berkembang ke tempat ia menemukan kembali dirinya sendiri dan menjadi penting lagi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper