Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Catat Nih! BEI Kasih Bocoran Banyak Unicorn Mau IPO 2022-2023

Target bursa untuk IPO tahun ini adalah pencatatan 55 saham baru. BEI percaya satu perusahaan di antaranya adalah unicorn.
Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono Widodo/Dok.BEI.
Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono Widodo/Dok.BEI.

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa Efek Indonesia optimistis akan banyak unicorn yang mau melakukan initial public offering (IPO) pada 2022 hingga 2023.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono Widodo menyatakan optimismenya terkait pencatatan saham Unicorn di Indonesia. Dia yakin setelah aturan Multiple Voting Share (MVS) ditetapkan maka tidak ada lagi hal yang mengganjal minat IPO mereka.

“Banyak sekali unicorn yang menghubungi kami secara formal dan informal yang menyatakan keinginan IPO di Indonesia dengan target 2022 dan 2023 karena mereka menunggu aturan MVS,” katanya kepada Bisnis belum lama ini.

Sebagaimana diketahui, target bursa untuk IPO tahun ini adalah pencatatan 55 saham baru. Laksono percaya satu di antaranya yang tercatat adalah unicorn. “Saya yakin akan ada [unicorn IPO] di tahun ini,” imbuhnya.

Laksono mengungkapkan aturan yang diterbitkan pada tahun lalu itu akan berdampak positif pada tahun ini. Apalagi Bukalapak, lanjutnya, telah menjadi e-commerce yang mengawali pencatatan di bursa.

Selain itu, bursa dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengakomodir kebutuhan para perusahaan rintisan dengan menerbitkan MVS. Sebab, salah satu ganjalan bagi para perusahaan rintisan tersebut untuk go public adalah terdilusinya hak suara setelah pencatatan.

“Perusahaan sejenis [Bukalapak] menyatakan minat IPO di Indonesia karena hal yang selalu didengungkan adalah belum adanya aturan MVS membuat mereka akan lari ke luar sehingga dengan mvs sebagian besar e-commerce akan ipo di negara sendiri,” ungkapnya.

Selain itu, Laksono mengatakan BEI tidak menutup kemungkinan bila ada unicorn dari negara lain di seputar Asia Tenggara yang ingin mencatatkan di Indonesia. Selama mereka mau mengikuti aturan hukum yang berlaku seperti memiliki badan hukum di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper