Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Jajaran Karya NFT Termahal Sepanjang 2021, Nilainya Ada yang Hampir Rp1 Triliun!

Menurut Investopedia, NFT adalah aset kripto berbentuk grafis atau cryptographic di dalam blockchain dengan kode identifikasi dan metadata yang unik sehingga membedakannya dengan yang lain.
Ilustrasi NFT/istimewa
Ilustrasi NFT/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tren investasi Non Fungible Token (NFT) kian merebak. Nilai yang diperdagangkan juga cukup fantastis demi mendapatkan karya langka dari seniman digital.

Menurut Investopedia, NFT adalah aset kripto berbentuk grafis atau cryptographic di dalam blockchain dengan kode identifikasi dan metadata yang unik sehingga membedakannya dengan yang lain. NFT tidak dapat dipertukarkan secara setara, berbeda dengan mata uang kripto.

Saat ini, NFT yang beredar di pasaran meliputi barang-barang koleksi seperti karya seni digital, kartu olah raga, dan barang langka.

Di bawah ini adalah lima penjualan NFT termahal sepanjang 2021 yang dirangkum oleh Yahoo Finance dan Nonfungible:

1. EVERYDAYS: THE FIRST 5000 DAYS (US$69,3 juta)

Karya seni digital dari seniman Beeple atau Mike Winkelmenn berhasil mengguncang pasar NFT setelah dia melelang karyanya pada Maret di rumah lelang Christie's.

Gambar ini merepresentasikan kolase foto digital yang dia ambil dalam 5.000 hari secara berturut-turut sejak 2007 hingga Januari 2021.

2. Human One (US$28,9 juta)

Penjualan karya Beeple pada November menandakan aset NFT paling bernilai kedua pada 2021. Human One merupakan potret seorang astronot yang melewati limbah dunia dengan pergantian waktu dalam sehari.

Hasil penjualan Human One membuat Beeple meraih keuntungan US$100 juta pada 2021 setelah penjualan karya OCEAN FRONT senilai US$6 juta pada Maret.

3. Punk 4156 (US$10,2 juta)

Seniman CryptoPunks berhasil menjual Punk 4156 di pasar ethereum senilai 2.500 ETH berkat sesansi pasar NFT. Punk 4156 tetap menjadi salah satu Punk paling terkenal yang pernah ada.

Penjualan tersebut menandai penjualan NFT tertinggi yang pernah ada dalam nilai dolar AS dari pasar terbuka dan bukan di lelang.

4. Punk #3100 (US$7,67 juta)

Punk #3100 merupakan salah satu dari seri Alien Punk diperdagangkan pada Maret senilai 4.200 ETH. Seri ini merupakan salah satu yang paling langka dari seniman CryptoPunk.

5. Punk #7804 (US$7,57 juta)

Larva Labs, rumah studio bagi CryptoPunks, yang terdiri dari ahli teknologi kreatif Matt Hall dan John Watkinson kembali meraih keuntungan dari seri Punk-nya.

Sama seperti Punk sebelumnya, Punk #7804 adalah 'alien' lain yang dijual seharga 4.200 ETH pada Maret. Alien Punk 7804 diakui sebagai salah satu punk paling estetis yang pernah ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper