Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adaro Minerals (ADMR) Punya Cadangan Batu Bara Metalurgi Jumbo

ADMR saat ini merupakan produsen batu bara kokas keras pertama dan satu-satunya di Indonesia.
Jajaran komisaris dan direksi PT Adaro Minerals Indonesia Tbk. (ADMR), perusahaan pertama yang listing di Bursa Efek Indonesia pada 2022, tepatnya pada Senin (3/1/2022). Istimewa
Jajaran komisaris dan direksi PT Adaro Minerals Indonesia Tbk. (ADMR), perusahaan pertama yang listing di Bursa Efek Indonesia pada 2022, tepatnya pada Senin (3/1/2022). Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Adaro Minerals Indonesia Tbk. (ADMR), sebagai produsen batu bara kokas keras, bakal melebarkan sayap di pasar Asia.

Presiden Direktur Adaro Minerals Indonesia Iwan Dewono Budiyuwono menyatakan akan terus mengembangkan pasarnya di negara-negara penghasil baja di wilayah Asia.

Sebagai perusahaan dalam naungan PT Adaro Energy Tbk. (ADRO), kegiatan operasi akan memanfaatkan rantai pasok terintegrasi AE yang kokoh.

ADMR, lanjutnya, juga akan menerapkan pendekatan biaya rendah, melakukankegiatan operasional secara efisien dengan pertumbuhan bertahap serta belanja modal dengan prinsip kehati-hatian seiring dengan pertumbuhan permintaan pelanggan untuk menciptakan nilai maksimum berkelanjutan.

Selain itu, ADMR akan terus meningkatkan kinerja operasional dan kinerja ESG. Sebab, pengelolaan lingkungan, pengembangan komunitas, serta tata kelola perusahaan merupakan bagian tak terpisahkan dari kegiatan usaha AMI.

"Sejak awal beroperasi, ADMR menerapkan standar ESG tingkat dunia sesuai dengan arahan dari Adaro Energy. Kami juga berharap kehadiran perseroan dapat memenuhi kebutuhan akan bahan baku pembuatan baja di dalam negeri dan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia," katanya dalam keterangan resmi Senin (3/1/2022).

Iwan menambahkan ADMR saat ini merupakan produsen batu bara kokas keras pertama dan satu-satunya di Indonesia. Batu bara kokas keras merupakan salah satu bahan baku utama dalam produksi baja. Pertumbuhan ekonomi, aktivitas konstruksi, dan urbanisasi akan terus menyokong permintaan baja global.

Selain itu, AMI bergerak di bidang usaha pertambangan batu bara metalurgi melalui perusahaan anak. Masing-masing dari lima perusahaan anak AMI mempunyai konsesi tambang berdasarkan PKP2B yang berlokasi di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

"ADRO telah mengembangkan AMI untuk membuka salah satu deposit batu bara metalurgi terbesar di dunia," papar Presiden Komisaris ADMR sekaligus CEO ADRO, Garibaldi Thohir.

Sebagai informasi, penjualan batu bara sampai dengan Agustus 2021 mencapai 1,4 juta ton. ADMR memiliki basis cadangan dan sumber daya batu bara yang besar, mencapai 170,7 juta ton cadangan dan 980 juta ton sumber daya, yang membuka lebar peluang pertumbuhan bagi ADMR.

Sejauh ini perseroan melalui perusahaan anak telah mengoperasikan dua konsesi PKP2B, yaitu melalui PT Lahai Coal (LC) dan PT Maruwai Coal (MC).

MC merupakan satu-satunya konsesi yang menjalankan aktivitas produksi dan memproduksi batu bara kokas keras dari tambang Lampunut, sementara LC saat ini sedang melakukan optimalisasi tambang.

Produk batu bara kokas keras ADMR memiliki kadar abu dan fosfor yang sangat rendah serta kadar vitrinite yang tinggi, karakteristik batu bara yang sangat dihargai serta dicari oleh produsen baja terintegrasi.

Sebagai informasi batu bara kokas keras merupakan bahan baku dalam produksi baja, bukan untuk pembangkit listrik tenaga uap. Iwan menambahkan potensi cadangan serta sumber dayanya yang besar membuka peluang pertumbuhan yang menarik bagi ADMR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper