Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Malam Tahun Baru Bursa Amerika Masih Buka, Wall Street Naik Tipis

Untuk pertama kalinya dalam satu dekade pasar saham AS tetap dibuka pada malam tahun baru lantaran NYSE Rule 7.2.
Seorang pelaku pasar tengah memantau pergerakan harga saham di bursa New York Stock Exchange (NYSE), New York, Amerika Serikat./Bloomberg
Seorang pelaku pasar tengah memantau pergerakan harga saham di bursa New York Stock Exchange (NYSE), New York, Amerika Serikat./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Amerika Serikat dibuka menguat tipis pada hari terakhir perdagangan 2021, Jumat (31/12/2021) waktu setempat. Untuk pertama kalinya dalam satu dekade pasar saham AS tetap dibuka pada malam tahun baru.

Berdasarkan data Bloomberg pada 21.31 WIB, indeks Dow Jones Industrial Average dibuka menguat 0,07 persen atau 27,12 poin ke 36.425,20, S&P 500 naik 0,05 persen atau 2,42 poin ke 4.781,15, dan Nasdaq menanjak 0,07 persen atau 10,43 poin ke 15.751,99.

Pasar saham AS tetap dibuka pada malam tahun baru berkat NYSE Rule 7.2. Peraturan Ini menyatakan bahwa perdagangan ditutup pada hari Jumat atau Senin jika hari libur jatuh pada akhir pekan, dengan pengecualian kondisi bisnis yang tidak biasa, seperti akhir periode akuntansi bulanan atau tahunan. Adapun perdagangan pasar obligasi akan ditutup lebih awal pada Jumat siang waktu setempat.

Pasar sebagian besar bergerak positif, bahkan ketika laporan peningkatan kasus Covid-19 terus terjadi di seluruh dunia. Penguatan saham juga dibesar-besarkan oleh volume perdagangan yang rendah, dengan banyak pelaku pasar di Wall Street tengah berlibur.

S&P 500 reli ke tertinggi intraday pada Kamis tetapi surut di akhir sesi perdagangan untuk berakhir lebih rendah setelah mencapai rekor penutupan ke-70 tahun ini pada Rabu. Indeks mencatat rekor tertinggi baru setiap bulan tahun ini, menjadikan 2021 di antara tahun-tahun terbaiknya, menurut data yang diterbitkan oleh LPL Research. Satu-satunya tahun lain hal serupa pernah terjadi adalah pada 2014.

“Reli besar akhir tahun pada tahun 2020 adalah petunjuk pertama. Tambahkan dalam lima hari pertama yang kuat, kuartal pertama yang kuat, S&P 500 bertahan di atas posisi terendah Desember pada kuartal pertama, dan di sana Anda memiliki beberapa sinyal di awal tahun bahwa pengembalian yang kuat sangat mungkin terjadi pada 2021,” kata Ryan Detrick, kepala strategi pasar LPL Financial.

CIO Insigneo Financial Group Ahmed Riesgo mengatakan kepada Yahoo Finance Live bahwa sebenarnya adalah kenaikan yang kuat pada beberapa saham perusahaan berkontribusi pada kenaikan indeks.

“Apakah pasar mengalami tahun yang hebat di tahun 2021? Kebanyakan orang akan mengatakan secara mutlak, meskipun lebih akurat dikatakan bahwa beberapa saham telah melakukan “fenomena” dengan baik, sementara sebagian besar berada di zona merah,” jelasnya.

Inflasi AS diharapkan menjadi titik fokus di kalangan investor pada tahun baru. Kenaikan harga telah mendorong Federal Reserve ke poros hawkish dari prediksi sebelumnya tentang inflasi sementara. Sekarang, bank sentral merencanakan pelonggaran yang lebih cepat dari kebijakan moneter era pandemi, dan telah meningkatkan perkiraan untuk laju potensi kenaikan suku bunga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Sumber : Bloomberg/Yahoo Finance
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper