Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antam Raih Penghargaan Proper Emas

Antam kembali meraih peringkat Proper Emas atas kinerja perseroan dan inovasi pengelolaan lingkungan hidup serta sosial periode 2020-2021.
Foto: dok. Antam
Foto: dok. Antam

Bisnis.com, JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk melalui Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor kembali meraih peringkat Proper Emas atas kinerja perseroan dan inovasi pengelolaan lingkungan hidup serta sosial periode 2020-2021.

Antam pun meraih dua peringkat Proper Hijau melalui Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Bauksit Kalimantan Barat dan Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia. Tidak hanya itu, perseroan yang merupakan bagian dari Mind Id, BUMN di sektor pertambangan, juga meraih tiga peringkat Proper Niru melalui UBP Nikel Sulawesi Tenggara, UBP Nikel Maluku Utara dan anak usaha PT Cibaliung Sumberdaya.

Adapun peringkat Proper merupakan program penilaian kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Penghargaan Proper Emas diberikan secara langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu Siti Nurbaya, dalam Anugerah Lingkungan Proper 2021, pada Selasa (28/12/2021).

Direktur Operasi dan Produksi Antam I Dewa Wirantaya mengatakan keberhasilan mereka meraih kembali Proper Emas dan proper hijau serta biru merupakan apresiasi atas upaya dan kerja keras seluruh para pekerja dalam aspek lingkungan hidup dan keberlanjutan.

“Program Antam dalam menjalankan pengelolaan lingkungan melalui program ecoinovasi geoecoedutorism, adalah salah satu keunggulan bersaing perusahaan. Hal ini juga merupakan keberhasilan atas komitmen perusahaan dalam menyelesaikan permasalahan sosial dan isu lingkungan lainnya yang dilakukan secara berkelanjutan sejak tahun 2015 melalui inovasi sosial Ekoriparian Ciguha yang merupakan bagian dari program Ciguha Kampung Lestari Tangguh Kawal Lingkungan,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, Antam juga meraih peringkat PROPER HIJAU atas komitmen dalam meningkatkan efektifitas pengelolaan lingkungan dengan tidak hanya memenuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku, namun melalui beberapa upaya lain seperti efisiensi energi, penurunan emisi, melakukan inovasi pengelolaan limbah, menjaga keanekaragaman hayati, perencanaan pascatambang yang baik serta pengelolaan program tanggung jawab sosial perusahaan yang menambahkan penilaian penanganan pandemi Covid–19 dan penanganan bencana alam.

Sementara itu, perolehan Peringkat Proper Biru menunjukkan bahwa perusahaan telah melaksanakan pengelolan lingkungan hidup sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Antam, tuturnya, berkomitmen untuk melaksanakan praktik pertambangan yang baik dalam melaksanakan kegiatan operasi di seluruh wilayah operasional dan akan terus berusaha meningkatkan upaya-upaya pengelolaan lingkungan guna melaksanakan keberlanjutan dan agar dapat memperoleh peringkat yang lebih baik di masa yang akan datang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Kahfi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper