Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pengendara melintasi jalan Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu), di kawasan Cipinang, Jakarta Timur./Antara- Risky Andrianto/nz - 17
Lihat Foto
Premium

Mengintip Daya Tarik Rights Issue Waskita Karya WSKT

PT Waskita Karya (Persero) Tbk. terus berupaya melakukan restrukturisasi keuangan perseroan. Salah satunya dengan melakukan rights issue. Bagaimana dampak dan prospeknya terhadap kinerja saham perseroan?
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
24 Desember 2021 | 17:32 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten konstruksi pelat merah, PT Waskita Karya (Persero) Tbk. terus berupaya memperbaiki struktur keuangan perseroan. Salah satu langkah yang ditempuh, emiten dengan kode saham WSKT melalui rights issue.

Sekadar catatan, WSKT telah mendapatkan pernyataan efektif dari OJK dan akan menerbitkan 19.295 miliar saham baru dengan harga pelaksanaan sebesar Rp620. Selain itu, sebagai keberlanjutan dalam pemulihan kinerja keuangan, WSKT dijadwalkan akan menerima PMN sebesar Rp3 triliun dan dapat mendivestasikan 5 jalan tol pada tahun 2022.

Berdasarkan prospektus yang dirilis perusahaan, WSKT membidik dana rights issue senilai total Rp11,96 triliun. Adapun, pemerintah sebagai pemegang saham utama akan melaksanakan haknya terhadap saham WSKT senilai Rp7,9 triliun melalui Penyertaan Modal Negara (PMN). Pemegang saham yang tidak merealisasikan haknya dalam aksi korporasi ini akan mengalami dilusi kepemilikan sebesar 58,7 persen. 

Adapun dana hasil penawaran saham baru tersebut akan digunakan perusahaan untuk menambah modal kerja konstruksi proyek jalan tol melalui anak usaha PT Waskita Toll Road (WTR). Sisanya akan digunakan untuk modal kerja proyek lainnya.

Untuk konstruksi proyek WTR, dana yang digunakan berasal dari PMN. Perinciannya senilai Rp 1,4 triliun untuk setoran modal minimal dan Rp 6,5 triliun dalam bentuk shareholder loan.

Proyek yang akan dibiayai dari dana tersebut antara lain tol Kayuagung-Palembang-Betung tahap II senilai Rp3,03 triliun, tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu senilai Rp1,13 triliun dan tol Cimanggis-Cibitung senilai Rp 620 miliar.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top