Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bumi Resources Minerals (BRMS) Siap Rights Issue, Simak Penggunaan Dananya

Sekitar US$24 juta untuk aktivitas pengeboran di beberapa prospek emas demi menambah cadangan bijih emas, sekitar 10 juta ton bijih, di lokasi tambang Motomboto, Gorontalo.
Fasilitas pengolahan bijih emas PT Bumi Resources Minerals Tbk. (BRMS)./Istimewa
Fasilitas pengolahan bijih emas PT Bumi Resources Minerals Tbk. (BRMS)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bumi Resources Minerals Tbk. (BRMS) telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan untuk melakukan Penawaran Umum Terbatas (PUT) atau rights issue. Perseroan bersiap menerbitkan hingga 23.630.673.389 saham baru dengan harga Rp70 per saham.

CEO Bumi Resources Minerals Suseno Kramadibrata menjelaskan penggunaan dana hasil transaksi PUT tersebut adalah, pertama sekitar US$24 juta untuk aktivitas pengeboran di beberapa prospek emas demi menambah cadangan bijih emas, sekitar 10 juta ton bijih, di lokasi tambang Motomboto, Gorontalo.

Kedua, sekitar US$29 juta untuk membangun satu pabrik pengolahan bijih emas dengan kapasitas 2.000 ton bijih per hari di Gorontalo.

Ketiga, sekitar US$24 juta untuk membangun infrastruktur jalan tambang sepanjang lebih dari 30 kilometer dengan lebar 12 meter, dan fasilitas jembatan sepanjang 75 meter, dari Pelabuhan Tombolilato ke lokasi tambang Gorontalo.

Keempat, sekitar US$21 juta untuk membangun fasilitas pendukung proyek tambang. Kelima, sebanyak-banyaknya US$10 juta untuk membangun fasilitas pengolahan limbah, termasuk fasilitas pengeringan limbah bijih, tailing dam, dan detoxification plant.

Keenam, sekitar US$3 juta untuk pembelian alat-alat berat, perlengkapan, dan peralatan tambang.

Suseno berharap pada awal 2024 BRMS dapat mulai mengoperasikan satu pabrik di Gorontalo untuk memproduksi emas. Cadangan bijih juga diharapkan akan meningkat dengan aktivitas pengeboran dibeberapa prospek emas di Gorontalo.

Lebih lanjut, Suseno mengatakan BRMS optimistis pada semester pertama 2024 BRMS sudah dapat mengoperasikan tiga pabrik di Palu dan satu pabrik di Gorontalo untuk memproduksikan emas.

“Tiga pabrik di Palu memiliki kapasitas total 8.500 ton bijih per hari, sedangkan satu pabrik di Gorontalo memiliki kapasitas 2.000 ton bijih per hari,” jelasnya dalam siaran pers, Rabu (15/12/2021).

Suseno menambahkan, setelah berdiskusi lebih lanjut dengan tim manajemen Perusahaan, konsultan keuangan, beberapa pemegang saham, dan para pembeli siaga, BRMS juga memutuskan untuk tidak mengikutsertakan waran dalam transaksi PUT ini.

“Dana yang kami terima dari transaksi PUT pertama beserta konversi waran-warannya dan PUT kedua sudah mencukupi untuk mendanai pengembangan proyek-proyek tambang emas kami di Palu dan Gorontalo. Untuk saat ini, kami telah mendapatkan pendanaan jangka pendek yang diperlukan untuk mengoperasikan proyek-proyek tambang emas kami yang ada,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper