Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vaksin Booster Pfizer Bisa Lawan Omicron, Harga Minyak Melonjak

Sepanjang pekan ini, harga acuan minyak mentah AS melonjak 8,2 persen, sementara Brent melonjak 7,5 persen, berdasarkan kontrak bulan depan.​​​​​​​
Tempat penyimpanan minyak di Pelabuhan Richmond in Richmond, California/ Bloomberg - David Paul Morris
Tempat penyimpanan minyak di Pelabuhan Richmond in Richmond, California/ Bloomberg - David Paul Morris

Bisnis.com, JAKARTA - Harga minyak menguat pada akhir perdagangan Jumat (10/12/2021) waktu Amerika Serikat, mencatat kenaikan mingguan terbesar dalam lebih dari tiga bulan. Sentimen pasar didukung oleh berkurangnya kekhawatiran atas dampak varian virus corona Omicron terhadap pertumbuhan ekonomi global dan permintaan bahan bakar.

Mengutip Antara, Sabtu (11/12/2021), minyak mentah Brent untuk pengiriman Februari naik 73 sen atau 1,0 persen, menjadi menetap di US$75,15 per barel di London ICE Futures Exchange. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Januari naik 73 sen atau 1,0 persen, menjadi ditutup di US$71,67 per barel di New York Mercantile Exchange.

Untuk minggu ini, harga acuan minyak mentah AS melonjak 8,2 persen, sementara Brent melonjak 7,5 persen, berdasarkan kontrak bulan depan. Ini merupakan kenaikan mingguan pertama mereka dalam tujuh pekan terakhir, bahkan setelah aksi ambil untung singkat.

"Pedagang minyak keluar dari keterkejutan mereka dan merasa lebih bullish karena mereka mengkalibrasi ulang ekspektasi permintaan mereka setelah varian virus corona Omicron ," kata Phil Flynn, analis senior kelompok harga berjangka di Chicago.

Harga konsumen AS naik lebih lanjut pada November, menghasilkan kenaikan tahun ke tahun terbesar sejak 1982, menambah sentimen bullish pada permintaan minyak.

Awal pekan ini pasar minyak telah memulihkan sekitar setengah dari kerugian yang diderita sejak wabah Omicron pada 25 November, dengan harga terangkat oleh studi awal yang menunjukkan bahwa tiga dosis vaksin Covid-19 Pfizer menawarkan perlindungan terhadap varian Omicron.

"Pasar minyak dengan demikian telah memperkirakan harga 'skenario terburuk' lagi, tetapi akan disarankan untuk meninggalkan risiko residual tertentu pada permintaan minyak," kata analis Commerzbank, Carsten Fritsch.

Menjaga harga tetap goyah lalu lintas udara domestik di China, karena pembatasan perjalanan yang lebih ketat, dan kepercayaan konsumen yang lebih lemah setelah wabah kecil yang berulang.

Sementara itu, lembaga pemeringkat Fitch menurunkan peringkat pengembang properti China Evergrande Group dan Kaisa Group, dengan mengatakan mereka telah gagal membayar obligasi luar negeri. Ini memperkuat kekhawatiran potensi perlambatan di sektor properti China, serta ekonomi yang lebih luas dari importir minyak terbesar dunia.

Meskipun minyak mencatat kenaikan mingguan yang kuat, analis memperingatkan potensi hambatan di depan.

Menurut Carsten Fritsch, risiko seputar Omicron tidak boleh diabaikan sepenuhnya, karena meningkatnya jumlah infeksi dan penularan yang lebih tinggi dari varian virus baru mendorong semakin banyak negara memberlakukan pembatasan baru. Hal ini tidak mungkin membuat permintaan minyak sepenuhnya tidak terpengaruh.

"Terlebih lagi, kuartal pertama 2022 tampaknya akan melihat kelebihan pasokan yang cukup besar bahkan tanpa dampak Omicron, karena permintaan akan menurun oleh alasan musiman. Sementara pada saat yang sama pasokan akan meningkat secara nyata karena produksi minyak diperluas oleh OPEC+ dan cadangan minyak strategis dilepaskan di AS dan negara konsumen terkemuka lainnya," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Farid Firdaus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper