Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendapatan MDLN Naik 22 Persen, Rugi Bersih Turun 65 Persen

Kinerja finansial PT Modernland Realty Tbk. (MDLN) tahun ini hingga akhir kuartal III membaik. Di satu sisi pendapatan naik 22 persen yoy, sedangkan rugu bersih susu 65 persen.
PT Modernland Realty Tbk. (MDLN) menggelar public expose pada Jumat (10/12/2021). Jajaran direksi perusahaan dengan kode emiten MDLN itu berpose bersama: William Honoris, Presdir PT Modernland Realty Tbk. (kelima kiri) didampingi para direktur yaitu Herman (keenam kiri), Dharma Mitra (ketujuh kiri), dan David Iman Santosa (paling kanan)./Istimewa
PT Modernland Realty Tbk. (MDLN) menggelar public expose pada Jumat (10/12/2021). Jajaran direksi perusahaan dengan kode emiten MDLN itu berpose bersama: William Honoris, Presdir PT Modernland Realty Tbk. (kelima kiri) didampingi para direktur yaitu Herman (keenam kiri), Dharma Mitra (ketujuh kiri), dan David Iman Santosa (paling kanan)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Modernland Realty Tbk. selama 9 bulan pertama tahun ini membukukan pendapatan Rp578,19 miliar, meningkat Rp106,56 miliar atau 22,59 persen dibandingkan dengan posisi per 30 September 2020 (year-on-year/yoy) yang Rp471,63 miliar.

Dalam paparan publik MDLN pada Jumat (10/12/2021), Herman, Direktur PT Modernland Realty Tbk., menjelaskan pula bahwa per 30 September 2021, Perseroan membukukan rugi bersih Rp460,19 miliar, turun Rp885,61 miliar atau 65,80 persen dibandingkan dengan 9 bulan awal 2020 yang Rp1,34 triliun.

Sementara itu, David Iman Santosa, Direktur PT Modernland Realty Tbk., mengatakan untuk kinerja penjualan hingga 30 September 2021 serta prospek usaha Perseroan, pencapaian kinerja hingga kuartal III/2021, Perseroan berhasil mencatatkan marketing sales Rp1,09 triliun dengan segmen residensial berkontribusi Rp902,47 miliar, industrial Rp77,67 miliar, serta hospitality Rp106,15 miliar.

Dharma Mitra, direktur lainnya, menjelaskan timbulnya Covid-19 sejak awal 2020 membawa dampak terhadap perekonomian di Indonesia dan dunia. Pandemi ini menimbulkan ketidakpastian untuk kegiatan operasional Perseroan sehingga berdampak pada hasil operasi serta posisi keuangannya.

Terhitung sejak pertengahan Maret 2020, Perseroan menerapkan kebijakan bekerja dari rumah dan hal itu sangat membatasi aktivitas bisnis Perseroan.

Memasuki 2021, kondisi perekonomian masih mengalami perlambatan terlebih dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada Juli.

Namun, kegiatan vaksinasi memberikan sentimen positif pada pasar dengan meningkatnya keyakinan konsumen terhadap kondisi perekonomian yang ditandai dengan membaiknya mobilitas masyarakat sejalan dengan pelonggaran kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat.

“Perseroan terus berupaya meningkatkan kinerja pemasaran antara lain dengan memanfaatkan program relaksasi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk rumah tapak di bawah Rp2 miliar,” kata Dharma.

Dia menambahkan di sektor industrial meskipun sentimen positif berkembang di pasar seiring dengan kegiatan vaksinasi masyarakat, tetapi kebanyakan investor masih wait and see. “Namun, Perseroan tetap menjaga hubungan yang baik dan terjalinnya komunikasi dengan beberapa potensial investor yang diharapkan mulai berinvestasi pada 2022,” tutur Dharma.

Dari segmen hospitality, Perseroan mencatatkan pertumbuhan dari sisi pendapatan. Program karantina dari kedatangan tamu luar negeri menjadi salah satu katalis positif bagi occupancy rate sepanjang 2021 selain dari pendapatan non-guest room dengan mayoritas konsumen dari kalangan pemerintahan yang membutuhkan tempat training dan rapat offline seiring dengan penerapan PPKM Level 1 di Jakarta pada November lalu.

David Iman Santosa mengatakan kondisi ekonomi 2021 masih mengalami perlambatan, tetapi program  vaksinasi masyarakat yang dilakukan oleh Pemerintah memberikan dampak yang positif dari tingkat keyakinan konsumen terhadap kondisi perekonomian. Hal ini menjadi sentimen positif bagi Perseroan untuk melakukan penetrasi pasar di segmen residensial, terlebih dengan dukungan dari Pemerintah terkait program relaksasi PPN untuk rumah tapak dibawah Rp2 miliar yang diperpanjang hingga akhir Desember 2021.

“Untuk mendukung program relaksasi PPN ini, Perseroan memberikan diskon dan promosi yang menarik bagi konsumen, serta memanfaatkan teknologi precast dari anak usaha untuk mempercepat pembangunan sehingga proses serah terima unit ke konsumen pun dapat dipercepat,” kata David.

David mengatakan Perseroan tetap mengupayakan berbagai alternatif untuk memenuhi semua kewajiban Perseroan, termasuk mendongkrak penjualan aset melalui promosi atau diskon serta meningkatkan kolektabilitas piutang Perseroan.

Di sisi lain, Perseroan juga melakukan efisiensi pengeluaran biaya operasional. Perseroan percaya pada akhirnya pandemi akan berhasil ditangani dengan peran serta berbagai pihak baik Pemerintah, masyarakat maupun pelaku usaha terkait.

Vaksinasi Covid-19, kata David, membawa harapan untuk pemulihan ekonomi ke arah yang lebih baik. Perseroan berharap dengan keefektifan vaksin Covid-19 dapat mendongkrak animo masyarakat untuk kembali berinvestasi di dunia properti.

Dia menjlaskan keunggulan kompetitif Modernland Realty adalah proyek-proyeknya yang terletak di lokasi yang strategis serta luasan landbank yang lebih dari cukup untuk keberlangsungan usaha Perseroan ke depannya.

Sebagai contoh, Jakarta Garden City, salah satu proyek flagship Modernland Realty yang telah berhasil menggandeng global investor seperti Ikea, Aeon, serta Lotte E&C, masih memiliki lebih dari cukup landbank untuk pengembangan hingga 15 tahun ke depan. Pesatnya perkembangan infrastruktur di Koridor Timur Jakarta secara tidak langsung telah menjadikan township Jakarta Garden City sebagai pintu gerbang terdepan bagi koridor timur Jakarta.

Jakarta Garden City juga terintegrasi langsung dengan berbagai fasilitas infrastruktur serta berbagai objek vital di sepanjang koridor timur Jakarta hingga ujung Pulau Jawa.

Tak heran, jika jumlah investor global yang memilih Jakarta Garden City sebagai lokasi investasi mereka di Indonesia terus bertumbuh dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

Belum lagi proyek baru Modernland Realty di Bekasi, Jawa Barat, serta Cilejit, Banten. Pada 2019 Perseroan meluncurkan proyek Modernland Cilejit seluas 1.000 hektare yang mengusung konsep transit oriented development (TOD) dan resort living.

Dilengkapi berbagai fasilitas seperti sarana kawasan, theme park, water park, dan edu park. Modernland Cilejit merupakan kawasan hunian dengan harga terjangkau yang ditujukan bagi kalangan muda dan orang-orang yang membeli rumah untuk pertama kalinya.

Terkait dengan restrukturisasi Guaranteed Senior Notes 2021 dan 2024, William Honoris, Presdir PT Modernland Realty Tbk., menjelaskan perseroan merupakan salah satu pengembang yang terkena dampak buruk pandemi Covid-19.

Pada Agustus 2020 dan Oktober 2020 Perseroan mengalami gagal bayar kupon. Akibatnya, pada September dan November 2020, Perseroan bersama-sama dengan entitas anak di Singapura yaitu Modernland Overseas Pte Ltd (MLO) dan JGC Ventures Pte Ltd (JGCV) mengajukan moratorium ke Pengadilan Singapura sesuai dengan Undang-Undang Kepailitan Pasal 64 tentang Restrukturisasi dan Pembubaran. Moratorium tersebut dimaksudkan untuk memberikan waktu bagi Perseroan untuk mengajukan Scheme of Arrangement.

Pada 25 Juni 2021, setelah menerima indikasi dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemegang Notes terhadap syarat dan ketentuan restrukturisasi Notes-2021 dan restrukturisasi Notes-2024, Perseroan mengumumkan dimulainya Scheme of Arrangement kepada para Kreditur Skema melalui Situs Scheme of Arrangement, Sistem Kliring, dan SGXNet.

Pada 2 Juli 2021 diadakan rapat informasi, dan pada 9 Juli 2021, skema yang diajukan  tersebut disetujui oleh mayoritas kreditur. Hasil votingnya adalah 100 persen suara setuju untuk skema JGCV dan 99,52 persen suara setuju untuk skema MLO.

Pada 30 Agustus 2021 Scheme of Arrangement disetujui oleh Pengadilan Singapura. Adapun skema restrukturisasi yang disetujui oleh Kreditur dan pengadilan Singapura antara lain:

Pertama, perubahan jatuh tempo Notes-2021 dari 30 Agustus 2021 menjadi 30 Juni 2025 dan perubahan jatuh tempo Notes-2024 dari 30 April 2024 menjadi 30 April 2027.

Kedua, perubahan tingkat suku bunga per tahun. Bunga per tahun untuk masing-masing Notes-2021 dari 10,75 persen dan Notes-2024 dari 6,95 persen menjadi, tahun pertama dalam bentuk uang sebesar 0 persen dan non-uang (notes tambahan)/Payment in Kind (PIK) notes 3 persen, tahun kedua dalam bentuk uang 1 persen dan non-uang/PIK notes 3 persen, tahun ketiga dalam bentuk uang 2 persen dan non-uang/PIK notes 3 persen, dan tahun keempat sampai jatuh tempo dalam bentuk uang 3 persen dan non-uang/PIK notes 3 persen.

Ketiga, Janji Penjualan Aset. Perseroan akan menjual beberapa aset antara lain pada atau sebelum 30 Juni 2023 sebesar US$40 juta dan pada atau sebelum 31 Desember 2024 sebesar US$160 juta, yang mana 75 persen dari hasil dana penjualan tersebut akan ditransfer ke dalam rekening escrow yang telah ditentukan sebagai opsi untuk pembelian kembali atau penebusan pada harga pembelian di bawah par (termasuk melalui Reverse Dutch Auction).

Keempat, Jaminan Tanah (dan/atau bangunan). Perubahan Notes-2021 dan Perubahan Notes-2024 akan dijamin dengan tanah (dan/atau bangunan) milik entitas anak Perseroan yang akan dibebani dengan hak tanggungan. Nilai penjaminan atas jaminan aset kebendaan ini adalah sebesar 60%. 

Selanjutnya dalam rangka memenuhi persyaratan Wali Amanat, Perseroan menjalani Sidang Chapter 15 yang dilakukan secara virtual oleh United States Bankruptcy Court Southern District of New York pada 14 Oktober 2021 yang hasilnya menguatkan putusan Scheme of Arrangement yang diputuskan Pengadilan Singapura.

William menjelaskan Perseroan tengah merampungkan dokumen legal dan administrasi terkait perjanjian wali amanat (indenture) dengan batas waktu (long stop date) 31 Desember 2021. Dia menyebutkan Perseroan optimistis restrukturisasi efektif sebelum tenggat waktu tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper