Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga CPO Naik, Laba LSIP Naik 172 Persen ke Rp752 Miliar per Q3

Laba bersih emiten CPO Grup Salim LSIP meningkat 172 persen yoy menjadi Rp752 miliar per kuartal III/2021.
Gedung PT PP London Sumatra Tbk di Medan./Bisnis
Gedung PT PP London Sumatra Tbk di Medan./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten perkebunan PT PP London Sumatera Tbk. (LSIP) mencatatkan kinerja moncer dari sisi produksi maupun keungan pada kuartal III/2021.

LSIP memanen tandan buah segar (TBS) sebesar 934.000 ton atau naik 3 persen year-on-year (yoy). Peningkatan produksi ikur menopang hasil produksi crude palm oil (CPO) sebesar 242.000 ton atau tumbuh 6 persen yoy.

Dari sisi penjualan, anak usaha Grup Salim itu mencatatkan kenaikan volume 13 persen yoy menjadi 250.000 ton dan volume penjualan produk palm kernel (PK) naik 12 persen yoy menjadi 69.000 ton.

Hal itu ikut berkontribusi atas laporan keuangan perseroan pada kuartal III/2021. LSIP mencatat penjualan sebesar Rp3,34 triliun naik 47 persen yoy.

Manajemen LSIP menyatakan peningkatan fundamental terutama ditopang oleh volume penjualan dan harga jual rata-rata (ASP) produk sawit. Pada periode ini, ASP CPO dan PK naik masing-masing sebesar 30 persen yoy dan 57 persen yoy.

Adapun dari sisi bottom line, perseroan mencatat laba bruto sebesar Rp1,16 triliun atau naik 139 persen yoy, laba usaha Rp943 miliar dan EBITDA Rp1,19 triliun. Sementara laba inti meningkat 92 persen yoy menjadi Rp750 miliar.

Laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk LSIP meningkat 172 persen yoy menjadi Rp752 miliar terutama seiring kenaikan laba usaha yang sebagian diimbangi oleh kenaikan beban pajak penghasilan.

LSIP juga mempertahankan posisi keuangan dengan total aset Rp11,76 triliun termasuk posisi kas dan setara kas Rp2,85 triliun dan tidak adanya pendanaan melalui hutang bank pada tanggal 30 September 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper