Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nusantara Sawit Matangkan Rencana IPO Rp2 Triliun, Siapkan Ekspansi

Target perolehan dana PT Nusantara Sawit Sejahtera (NSS) dari kegiatan penawaran umum saham perdana ke publik sekitar Rp 2 triliun. 
Perkebunan PT Nusantara Sawit Sejahtera (NSS).
Perkebunan PT Nusantara Sawit Sejahtera (NSS).

Bisnis.com, JAKARTA - Calon emiten perkebunan PT Nusantara Sawit Sejahtera (NSS) akan menggunakan dana penawaran umum saham perdana (IPO) untuk meningkatkan permodalan dan ekspansi bisnis.

NSS akan melepas sebanyak-banyaknya 40 persen saham dari modal yang disetor penuh. Harga penawaran diperkirakan berkisar antara Rp135 – Rp150 per unit saham dan target perolehan dana dari kegiatan penawaran umum saham perdana ke publik sekitar Rp 2 triliun. 

Komisaris Nusantara Sawit Sejahtera Robiyanto mengatakan prospek bisnis perkebunan kelapa sawit sangat luar biasa. Semenjak berdiri pada tahun 2008, NSS memiliki permintaan pasar yang sangat besar, yang hingga saat ini masih belum dapat dipenuhi karena terbatasnya kapasitas produksi.

“Dana hasil IPO ini akan kami gunakan untuk memampukan NSS dalam memenuhi permintaan pasar yang saat ini belum dapat kami penuhi. Sebagai catatan, pasar yang ada di dalam negeri saja, prospeknya masih sangat besar,” jelasnya dalam siaran pers, dikutip Kamis (25/11/2021).

Setelah IPO pada awal 2022, NSS menargetkan dalam lima tahun ke depan atau tahun 2027, sudah memiliki lahan plasma seluas 10.000 ha, sebanyak 3 PKS dengan kapasitas 180 ton per jam dan 2 PKS dengan kapasitas 90 ton per jam," paparnya dalam siaran pers.

Dengan pengembangan kapasitas bisnis ini, tambahnya, produksi tahunan ditargetkan meningkat menjadi di atas 23 ton per ha/tahun, CPO sebanyak 240.000 ton dengan OER sebesar 24 persen. Laba bersih perusahaan diperkirakan akan naik menjadi sekitar Rp 937 miliar pada lima tahun mendatang. 

Robiyanto menjelaskan, NSS memiliki basis pelanggan yang sangat kuat seperti Sinarmas, Wings, Musimas, Wilmar dan perusahaan besar lainnya. Pelanggan NSS membayar dengan metode FOB secara cash basis. Besarnya gap antara permintaan dan produksi, mendorong perusahaan untuk mencari tambahan modal guna meningkatkan kapasitas produksi.

Saat ini, Nusantara Sawit Sejahtera memiliki lahan inti sekitar 26.597 hektare dan sedang dalam proses pengembangan lahan plasma fase 1 seluas 2.500 hektare hingga tahun 2024. Rata-rata umur tanaman baru sekitar 8 tahun, sehingga masa produksi tanaman masing sangat panjang.

Perusahaan juga memiliki satu pabrik kelapa sawit (PKS) dengan kapasitas 60 ton per jam saat ini. Produksi tahunan untuk Tandan Buah Segar (TBS) sebanyak 20 ton per ha dan CPO 93.500 ton/tahun. Rendemen (Oil Extraction Rate/OER) atau persentase produk yang dihasilkan dibanding dengan bahan baku yang terolah relatif tingggi, yaitu 22 persen.

Dari kinerja keuangan, perusahaan diperkirakan akan membukukan laba bersih sekitar Rp 220 miliar tahun ini. Dia meyakini target ini dapat tercapai karena NSS juga didukung oleh logistik yang unggul, yaitu direct-piping dari pabrik CPO ke pengapalan sejauh 1,5 kilometer yang membuat biaya logistik menjadi rendah.

NSS juga memiliki basis pelanggan di dalam negeri yang sangat kuat. Potensi perusahaan meningkatkan penjualan di pasar domestik masih sangat kuat, sedangkan NSS juga sangat berpotensi untuk merambah pasar ekspor.

“Keunggulan NSS dibanding perusahaan yang sama-sama di industri kelapa sawit adalah umur tahaman relatif muda, sehingga akan sangat menjanjikan untuk investasi jangka panjang karena masa produktif tanaman masih panjang,” papar Robiyanto. 

Dari sisi industri, sawit unggul dibandingkan minyak nabati lain sehingga menjadi prospek bisnis menjanjikan bagi NSS. Minyak sawit diperkirakan masih akan menguasai pasar minyak nabati dunia di masa mendatang. Hal ini karena CPO lebih efisien dari penggunaan lahan, harga, mengurangi emisi karbon dan mendukung upaya pemerintah menciptakan lapangan kerja baru.

Dia memaparkan produktivitas tanaman kelapa sawit 3,5 ton per ha, minyak biji rapa 0,81 ton per ha, minyak biji kedelai 0,44 ton/ hektare, minyak biji wijen hanya 0,10 per ha. Jika dibandingkan harganya saat ini Rp14.900 per liter, menurutnya, CPO relatif lebih ekonomis dibandingkan harga minyak rapa sekitar Rp35.000 per liter dan minyak wijen Rp138.000 per liter.

“Industri kelapa sawit adalah bisnis padat karya, sehingga mampu menyerap tenaga keja lebih banyak dibandingkan dengan minyak nabati lain. Untuk 100.000 ha lahan diperlukan 2.000 tenaga kerja,” ujar Robiyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper