Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OPINI: Menebak Arah Pasar Cryptocurrency di Dunia

Berbicara dari sudut pandang governance, manajemen risiko, dan keberlanjutan, ada banyak hal yang perlu mendapat perhatian atas perkembangan cryptocurrency terkait dengan model ekonomi yang kita ketahui.
Ilustrasi token aset mata uang kripto/Freepik
Ilustrasi token aset mata uang kripto/Freepik

Berbicara cryptocurrency tidak lepas dari keberadaan blockchain yang mendorong terjadinya perubahan baik ekonomi, sosial, politik hingga lingkungan. Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi dan infrastruktur yang mengarah pada persepsi ‘semua uang dan pasar dunia dalam satu visualisasi’ (all of the world’s money and markets in one visualization).

Berbicara dari sudut pandang governance, manajemen risiko, dan keberlanjutan, ada banyak hal yang perlu mendapat perhatian atas perkembangan cryptocurrency terkait dengan model ekonomi yang kita ketahui.

Dalam perjalanannya, perubahan ekonomi tanpa terasa sudah sangat maju yang berawal dari corporate model di mana perhatian difokuskan pada pertumbuhan dan kemakmuran pemegang atau pemilik saham (shareholder).

Banyak sekali kelemahan dalam menjalankan ekonomi bisnis berlandaskan pada shareholder value atau secara luas dikenal dengan centralized economy. Isu malpraktik menjadi perhatian utama karena minimnya pemahaman serta pengelolaan yang tidak didasari atas prinsip tata kelola.

Atas dasar malpraktik masa lalu, kesadaran governance tumbuh sejalan dengan perkembangan ekonomi saat ini yang memfokuskan pada pemangku kepentingan (stakeholder). Peran aktif stakeholder sangat penting dalam mendorong terjadinya bisnis berkelanjutan dengan kesadaran risiko serta kepatuhan atas aturan maupun norma yang berlaku.

Bukan berarti marketplace tidak memiliki kelemahan, justru terjadi imbalanced akibat produk maupun jasa yang dihasilkan dari penggunaan data tidak sebanding dengan pemahaman maupun pengawasan dari pihak stakeholder.

Benar bila dikatakan peran big data telah mengubah cara pandang dan perilaku pengguna saat ini. Keberhasilan dan kesuksesan marketplace memiliki hal yang positif, yaitu meningkatnya stakeholder value.

Dari sini jelas sekali imbalanced issue harus segera dibenahi berkaitan dengan pemahaman, pengelolaan serta pengawasan governansi, risiko maupun keberlanjutan atas ekonomi yang berjalan saat ini, atau secara luas dikenal dengan platform economy.

Kemajuan ekonomi sekarang ini diwarnai dengan berkembangnya cryptocurrency, bahkan menjadi input dalam mendorong penggunaannya sebagai alat pembayaran. Keberhasilan cryptocurrency tidak lepas dari peran blockchain dengan dukungan infrastrukturnya yang menurut penulis sangat berbeda jauh dengan platform marketplace yang kita kenal.

Tidak mudah mendorong cryptocurrency menjadi alat pembayaran yang sah, terlebih banyak isu governance pada model platform economy yang perlu segera dibenahi agar kerugian maupun risiko dapat diminimalisasi serta dimitigasi.

Terlalu Dini

Penulis menilai cryptocurrency masih terlalu dini untuk dapat diterima sebagai alat pembayaran, baik dari sisi governance, risiko, kepatuhan maupun keberlanjutan. Seperti pada film Ready Player One, dampak yang ditimbulkan tidak terbatas hanya pada sisi ekonomi semata tetapi sudah menjangkau perilaku dan budaya masyarakat.

Cryptocurrency saat ini berperan terbatas hanya sebagai produk investasi. Penulis menyadari bahwa cryptocurrency telah digunakan sebagai alat pembayaran untuk produk tertentu tetapi hal itu bukanlah kebijakan yang bersifat universal karena didasari oleh like and dislike dari si pemilik produk.

Bukan berarti pula cryptocurrency tidak dapat menjadi solusi ekonomi masa depan tetapi masih memerlukan waktu dan pemenuhan kriteria yang mengarah pada model protocol economy.

Garis besar protocol economy adalah sistem ekonomi yang berkembang dan didasari oleh partisipasi network yang lebih luas dan menjadikan big data sebagai kunci ekonomi yang berjalan.

Hal ini menegaskan desentralisasi pasti terjadi dan peran negara pun akan menjadi terbatas karena cross border policy lebih mendominasi. Peran negara dalam melindungi kepentingan ekonomi, sosial, keamanan, ideologi dan budaya menjadi terganggu.

Alhasil penulis berpendapat memang belum memaksakan cryptocurrency sebagai alat pembayaran yang berdampak pada perubahan tatanan ekonomi seperti pada film Ready Player One. Berkaca mata dengan pesatnya perkembangan investasi bisnis yang ada saat ini, pertimbangan sebaiknya difokuskan pada peningkatan pemahaman governance, risiko dan keberkelanjutan bagi masyarakat.

In the new economy, information, education and motivation are everything.” Apa yang dikatakan William J. Clinton ada benarnya. Dengan perubahan ekonomi yang terjadi saat ini, pemahaman, pengelolaan, dan pengawasan menjadi prioritas penting dalam mendorong investasi dan bisnis agar dapat berkembang maksimal secara sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper