Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Belanja Warga Amerika Naik, Dolar AS di Level Tertinggi 16 Bulan

Orang Amerika memulai belanja liburan mereka lebih awal untuk menghindari rak kosong di tengah kekurangan beberapa barang karena pandemi.
Karyawan menunjukan dolar AS di Jakarta, Rabu (25/11/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan menunjukan dolar AS di Jakarta, Rabu (25/11/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Dolar AS naik ke level tertinggi 16 bulan pada akhir perdagangan Selasa (16/11/2021) waktu setempat, setelah data penjualan ritel AS lebih tinggi dari yang diperkirakan pada bulan lalu, sementara euro merosot di tengah kekhawatiran pertumbuhan dan lonjakan kasus Covid-19 di Eropa.

Mengutip Antara, Rabu (17/11/2021), penjualan ritel AS naik 1,7 persen pada Oktober, melampaui ekspektasi konsensus yang memprediksi 1,4 persen. Ini karena orang Amerika memulai belanja liburan mereka lebih awal untuk menghindari rak kosong di tengah kekurangan beberapa barang karena pandemi yang sedang berlangsung menekan rantai pasokan.

Pada pukul 15.15 waktu setempat, indeks dolar yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama saingannya naik 0,385 persen pada 95,898, setelah sebelumnya menyentuh 95,928, tertinggi sejak Juli 2020.

Dolar telah menguat sejak data inflasi AS pekan lalu menunjukkan harga-harga konsumen melonjak ke tingkat tertinggi sejak 1990, memicu spekulasi bahwa Federal Reserve dapat menaikkan suku bunga lebih cepat dari yang diperkirakan.

"Jika Anda melihat pasar AS, ada lebih banyak spekulasi, setidaknya dalam perkiraan harga pasar tersirat, bahwa suku bunga akan naik lebih dari satu kali tahun depan. Setelah laporan IHK AS minggu lalu, bendungan baru saja jebol dan dolar serta kompleks valas pasti ikut bergerak," kata Mazen Issa, ahli strategi valas senior di TD Securities.

Euro memperpanjang kerugian terhadap dolar, terakhir turun 0,43 persen pada US$1,13175. Di awal sesi, mata uang tunggal turun menjadi US$1,1315, terlemah sejak Juli 2020.

Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde pada Senin (15/11/2021) mengatakan bahwa pengetatan kebijakan moneter sekarang untuk mengendalikan inflasi dapat menghambat pemulihan zona euro. Komentar tersebut dipandang mendorong kembali seruan dan taruhan pasar untuk kebijakan yang lebih ketat.

Penurunan euro mencerminkan kinerja mengecewakan dari ekonomi zona euro relatif terhadap Amerika Serikat, yang telah mengejutkan meningkat lebih kuat daripada zona euro, kata Marshall Gittler, kepala penelitian investasi di BDSwiss Holding Ltd.

Covid-19 juga melonjak lagi di Eropa, yang menyebabkan beberapa negara kembali mempertimbangkan penguncian, sedangkan penyebaran virus tampaknya telah stabil untuk saat ini di Amerika Serikat.

"Akibatnya, pasar semakin gelisah tentang euro," kata Gittler.

Pada Senin (15/11), Austria memberlakukan penguncian pada orang-orang yang tidak divaksinasi, sementara parlemen Jerman akan memberikan suara pada Kamis (18/11) tentang langkah-langkah yang lebih ketat untuk menangani kasus-kasus yang melonjak. Prancis, Belanda, dan banyak negara di Eropa Timur juga mengalami lonjakan infeksi.

"Ketakutan bahwa situasi dapat meningkat dan mengakibatkan pengetatan pembatasan yang lebih signifikan dalam beberapa bulan mendatang telah merusak sentimen terhadap mata uang Eropa," kata analis mata uang MUFG Lee Hardman dalam catatan kliennya.

Pound Inggris naik 0,1 persen terhadap dolar pada US$1,3429, didorong oleh data yang menunjukkan pengusaha Inggris mempekerjakan lebih banyak orang pada Oktober setelah skema cuti yang melindungi pekerjaan pemerintah berakhir.

Di tempat lain, mata uang kripto bitcoin turun kembali di bawah US$60.000 untuk pertama kalinya sejak 1 November.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Farid Firdaus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper