Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 Rekomendasi ETF Aset Kripto untuk Dikoleksi

ETF kripto memberikan kemudahan untuk investor untuk berinvestasi di Bitcoin atau aset kripto lainnya secara bersamaan.
Ilustrasi Mata Uang Kripto Bitcoin/Antara
Ilustrasi Mata Uang Kripto Bitcoin/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Instrumen investasi semakin bergaram termasuk hadirnya Exchange Traded Fund atau ETF yang berisikan aset kripto (cryptocurrency). 

Pada dasarnya, Exchange Traded Fund (ETF) merupakan reksa dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif yang unit penyertaannya diperdagangkan di bursa efek. 

Kehadiran ETF kripto ini memberikan kemudahan untuk investor untuk berinvestasi di Bitcoin atau aset kripto lainnya. Saat ini, sudah ada beberapa ETF bertema cryptocurrency dan jumlahnya terus bertambah.

Mengutip dari U.S. News, Selasa (16/11/2021), berikut delapan ETF aset kripto yang dapat dicermati untuk dikoleksi. 

1. ProShares Bitcoin Strategy ETF (BITO)

ProShares Bitcoin Strategy EFT memegang kontrak berjangka Bitcoin. Tercatat, ETF ini memiliki US$1,4 miliar aset yang dikelola dan rasio pengeluaran tahunan 0,95 persen atau US$95 untuk setiap US$10.000 yang diinvestasikan.

2. Valkyrie Bitcoin Strategy ETF (BTF)

Valkyrie Bitcoin Strategy ETF tidak memiliki aset Bitcoin tetapi direncanakan akan memegang kontrak berjangka Chicago Mercantile Exchange Bitcoin bulan depan. BTF memiliki aset sebesar US$59,5 juta dan memiliki rasio biaya 0,95 persen persen. 

3. Grayscale Bitcoin Trust (GBTC)

Tidak seperti ETF Bitcoin lainnya, GBTC memegang cryptocurrency secara langsung dan setiap bagian EFT mewakili sekitar 0,0009 Bitcoin. GBTC memiliki aset US$41,3 miliar dan rasio biaya 2 persen. 

4. Amplify Transformational Data Sharing ETF (BLOK)

Amplify Transformational Data Sharing ETF (BLOK) tidak memegang aset kripto secara langsung, tetapi melalui beberapa kepemilikannya seperti Galaxy Digital Holdings Ltd. (GLXY) dan Square Inc. (SQ). BLOK memiliki rasio senilai biaya 0,71 persen. 

5. Bitwise 10 Crypto Index Fund (BITW)

Jika sebagian besar EFT berfokus pada Bitcoin, BITW memberikan paparan 10 cryptocurrency paling berharga berdasarkan kapitalisasi pasar. BITW memiliki aset sejumlah US$1,4 miliar dengan rasio biaya 2,5 persen. 

6. Grayscale Ethereum Trust (ETHE)

Jika, investor ingin fokus pada Ethereum ETF Grayscale Ethereum Trust dapat menjadi pilihan. ETHE memiliki total aset sebesar US$14,5 miliar dan rasio biaya 2,5 persen. Setiap bagian ETHE mewakili sekitar 0,01 eter, token asli pada platform Ethereum. 

7. Siren Nasdaq NexGen Economy ETF (BLCN)

ETF ini berfokus pada blockchain yang melacak Indeks Ekonomi Blockchain Nasdaq. BLCN tidak berinvestasi langsung dalam aset kripto, tetapi beberapa kepemilikannya memiliki kripto di neracanya. ETF BLCN memiliki aset US$314 juta dan beban rasio biaya 0,68 persen. 

8. First Trust Indxx Innovative Transaction & Process ETF (LEGR) 

LEGR ETF adalah ETF blockchain kripto populer lainnya yang memiliki proses pemilihan dan pembobotan yang unik. ETF ini memiliki kepemilikan atas Nvidia Corp. (NVDA), Advanced Micro Devices Inc. (AMD) dan Salesforce.com Inc. (CRM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yuliana Hema
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper