Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Jadwal Emtek (EMTK) Akuisisi 93 Persen Saham Bank Fama

Grup Emtek melakukan sejumlah tahapan dalam proses akuisisi 93 persen saham Bank Fama.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 05 November 2021  |  09:51 WIB
Direktur Utama PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) Alvin W. Sariaatmadja - Emtek
Direktur Utama PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) Alvin W. Sariaatmadja - Emtek

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten konglomerasi media dan teknologi PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) siap mengakuisisi PT Bank Fama International lewat anak usahanya, PT Elang Media Visitama (EMV). Rencananya, akuisisi rampung pada 28 Desember 2021.

Hal tersebut terungkap dari ringkasan rancangan pengambilalihan yang terbit di Harian Bisnis Indonesia edisi Jumat (5/11/2021). Ringkasan tersebut disiapkan oleh Bank Fama bersama EMV sehubungan dengan pengambilalihan yang diusulkan atas 93 persen dari jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh di Bank Fama oleh EMV.

Dalam ringkasan tersebut tertulis bahwa EMV merupakan perusahaan holding yang bergerak di bidang jasa konsultasi manajemen. Emtek mengenggam 99,99 persen saham EMV dan 0,00005 persen lainnya dimiliki oleh PT Kreatif Media Karya.

"Pengambilalihan yang diusulkan mewakili investasi strategis oleh EMV dan diharapkan meningkatkan pendapatan di masa depan dan nilai dari EMV," demikian informasi yang dikutip dari ringkasan rancangan pengambilalihan Bank Fama.

Jadwal indikatif atas pengambilalihan tersebut dimulai pada 27 September 2021 lalu ketika Dewan Komisaris EMV dan Dewan Komisaris FAMA menyetujui rancangan pengambilalihan.

Pemberitahuan dari OJK pengambilalihan dapat dilanjutkan pun sudah didapatkan pada 4 November 2021. Selanjutnya, pengumuman ringkasan rancangan pengambilalihan pun sudah diterbitkan pada 5 November 2021.

Selanjutnya, tenggat waktu bagi kreditur FAMA menyampaikan keberatan atas pengambilalihan tersebut hingga 29 November 2021.

Baru, pemanggilan RUPSLB FAMA dan EMV dilaksanakan pada 6 Desember 2021. Setelah itu, muncul keputusan sirkuler sebagai pengganti RUPSLB FAMA dan EMV diterbitkan keesokan harinya, 7 Desember 2021.

Pengajuan permohonan izin pengambilalihan ke OJK diterbitkan 8 Desember 2021. Perkiraan diterimanya persetujuan OJK atas permohonan tersebut dan hasil penilaian kemampuan dan kepatutuan terhadpa EMV dapat terbit pada 22 Desember 2021.

Penandatanganan akta pengambilalihan, tunduk pada diterimanya persetujuan OJK, penyerahan salinan akta pengambilalihan dan pemberitahuan perubahan pemegang saham kepada Menkumham dilaksanakan pada 27 Desember 2021.

Perkiraan diterimanya penerimaan pemberitahuan Menkumham yang mengkonfirmasi telah diterimanya akta pengambilalihan dilaksanakan pada 28 Desember 2021.

Sementara itu, alasan dan tujuan aksi ini dari Bank Fama yaitu dalam rangka memenuhi POJK 12 sehubungan dengan kewajiban modal inti minimum.

Aksi ini juga memungkinkan perseroan untuk memanfaatkan kekuatan finansial, jaringan global, serta produk dan keahlian sektoral dari EMV untuk meningkatkan ambisanya dalam bertumbuh.

Pengambilalihan yang diusulkan akan dilaksanakan dengan cara EMV membeli 9.089.503.800 lembar saham Bank Fama, yang mewakili 93 persen total saham yang ditempatkan di Bank Fama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

akuisisi elang mahkota teknologi emtek bank fama international
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top