Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kerajaan Bisnis Hermanto Tanoko: Cat Avian, Depo Bangunan hingga Air Minum Cleo

Perjalanan Tancorp dimulai sejak 1983, atau 36 tahun lalu. Saat itu, Hermanto Tanoko ditugaskan mengembangkan PT Avia Avian atau yang dikenal dengan produknya Avian Paint.
Direktur Utama PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk (RISE)  Belinda Natalia (dari kiri), Komisaris Utama Hermanto Tanoko, Komisaris Sanderawati Joesoef  mengamati papan elektronik perdagangan saham saat pencatatan perdana saham PT RISE di Jakarta, Senin (9/7/2018)./JIBI-Dedi Gunawan
Direktur Utama PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk (RISE) Belinda Natalia (dari kiri), Komisaris Utama Hermanto Tanoko, Komisaris Sanderawati Joesoef mengamati papan elektronik perdagangan saham saat pencatatan perdana saham PT RISE di Jakarta, Senin (9/7/2018)./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan holding Tancorp Abadi Nusantara atau Tancorp milik Hermanto Tanoko akan mengantarkan salah satu anak usahanya, PT Depo Bangunan Tbk. (DEPO), melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam waktu dekat.

Dilansir dari website resminya, Rabu (3/11/2021), saat ini Tancorp memiliki delapan perusahaan subholding yang bergerak di berbagai bidang. Bidang tersebut seperti, industri, distribusi, properti, perhotelan, makanan & minuman, kesehatan & kecantikan, bisnis jaringan, serta kafe & restoran.

Tancorp memiliki lebih dari 100 brand aktif yang dikelola oleh 36 business unit (BU), dengan jumlah karyawan yang mencapai lebih dari 11.600 tenaga kerja.

Perjalanan Tancorp dimulai sejak 1983, atau 36 tahun lalu. Saat itu, Hermanto Tanoko ditugaskan mengembangkan PT Avia Avian atau yang dikenal dengan produknya Avian Paint.

Bersama timnya, dia sukses mengembangkan bisnis tersebut hingga menjadi salah satu produsen cat nasional terbesar yang mampu bersaing dan mendominasi pasar, di tengah maraknya produsen cat internasional di Indonesia.

Seiring dengan berjalannya waktu, Hermanto Tanoko memberanikan diri untuk mengembangkan kemampuannya dengan melahirkan beberapa subholding yang bergerak di berbagai bidang industri. Mulai dari properti, consumer goods, distribusi, hospitality, retail, health and beauty, makanan dan minuman, hingga bisnis jaringan.

Hermanto Tanoko pun mulai berinisiatif mendirikan perusahaan induk yang mampu mendorong serta menaungi brand-brand yang dikelola oleh delapan subholding tersebut. Tancorp Abadi Nusantara pun lahir pada 28 November 2015.

Hingga saat ini, dua anak usaha juga Tancorp tercatat telah melakukan IPO, yakni produsen air minum dalam kemasan merek Cleo, PT Sariguna Primatirta Tbk. (CLEO) dan pengembang properti Tanrise Properti, PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk. (RISE).

Selain itu, anak usahanya yang lain, PT Tancorp Investama Mulia melakukan investasi dengan menambah kepemilikan saham di emiten pemilik gerai Manzone, PT Mega Perintis Tbk. (ZONE).

Berkat kerajaan bisnis yang dimilikinya tersebut, nama Hermanto Tanoko masuk ke daftar orang terkaya ke-39 versi majalah Forbes. Forbes mengestimasikan Wijono dan Hermanto Tanoko memiliki kekayaan senilai US$700 juta atau setara Rp10,01 triliun (kurs Jisdor 3 November 2021 Rp14.301 per dolar AS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annisa Saumi
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper