Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Jenis Reksa Dana, Pilih Sesuai Profil Risiko Investasi!

Ada 4 jenis reksa dana yang bisa dipilih sesuai dengan profil risiko investor, mulai dari konservatif hingga agresif.
ilustrasi investasi
ilustrasi investasi

Bisnis.com, JAKARTA – Reksa dana merupakan salah satu aset alternatif, khususnya bagi investor pemula dengan keahlian dan yang modal kecil. Namun ada berbagai jenis reksadana yang bisa dipilih berdasarkan jenis profil risiko masing-masing investor.

Pada dasarnya, reksa dana merupakan wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat (investor) untuk kelola dan diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Mengutip laman Sikapi Uangmu milik Otoritas Jasa Keuangan, Selasa (26/10/2021), ada empat macam reksa dana berdasarkan portofolio investasinya.

1. Reksa dana Pasar Uang (Money Market Fund)

Jenis reksa dana ini berisikan deposito dan efek bersifat utama yang jatuh tempo kurang dari satu tahun. Reksa dana Pasar Uang memiliki risiko yang sangat rendah dibandingkan dengan jenis lainnya.

Reksa dana pasar uang cocok untuk investasi dalam jangka pendek dalam kurun waktu satu tahun atau kurang atau investor dengan profil yang sangat konservatif.

2. Reksa dana Pendapatan Tetap (Fixed Income Fund)

Reksa dana pendapatan tetap melakukan alokasi investasi minimal 80 persen dari efek bersifat utang, baik milik negara maupun korporasi. Adapun risiko dari reksa dana ini tergolong sedang.

Reksa dana pendapatan tetap cocok investasi dalam jangka waktu antara 1–3 tahun atau investor dengan profil yang konservatif.

3. Reksa dana Saham (Equity Funds)

Sesuai dengan namanya, reksa dana saham melakukan alokasi investasi minimal 80 persen dari efek bersifat ekuitas. Karena melakukan investasi di saham, maka risiko yang muncul lebih tinggi.

Umumnya, reksa dana saham mengacu pada indeks tertentu atau saham aktif. Reksa dana jenis ini cocok untuk investasi jangka waktu di atas 5 tahun atau investor dengan profil agresif.

4. Reksa dana Campuran (Discretionary Funds)

Reksa dana jenis ini merupakan campuran dari efek bersifat ekuitas dan uang. Adapun alokasi investasi maksimal 79 persen pada instrumen pasar uang, obligasi dan saham.

Reksa dana jenis ini cocok untuk pemenuhan tujuan keuangan dengan jangka waktu antara 3–5 tahun atau investor dengan profil moderat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yuliana Hema
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper