Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Cara Analisis Fundamental Aset Kripto, Investor Pemula Wajib Tahu!

Setidaknya ada lima aspek yang bisa diperhatikan dalam menganalisis fundamental sebuah aset kripto.
Mata uang crypto Ethereum Emas pada dolar AS/ANTARA-Shutterstock/pri.
Mata uang crypto Ethereum Emas pada dolar AS/ANTARA-Shutterstock/pri.

Bisnis.com, JAKARTA – Sebagai aset baru, kripto atau cryptocurrency memiliki keunikan dan ciri khasnya sendiri. Investor khususnya pemula perlu memperhatikan beberapa faktor fundamental yang ada dianalisis sebelum membeli sebuah koin.

Research & Development Manager ICDX Jericho Biere menuturkan setidaknya ada lima aspek yang bisa diperhatikan dalam menganalisis fundamental sebuah aset kripto.

1. Proyek yang Dikembangkan

Investor perlu mencermati apakah proyek yang dibuat oleh pihak pengembang koin tersebut dapat memberikan solusi atas masalah yang muncul dari aset tradisional hingga menghadirkan nilai baru dari sisi ekonomi.

"Jadi [lihat] apa sih yang bisa ditawarkan, ketika proyek itu diimplementasikan dapat menghasilkan sebuah nilai," jelasnya dalam webinar virtual, dikutip Selasa (19/10/2021)

2. Tim Pengembang

Menurut Jericho, tim pengembang merupakan aspek yang penting karena menyangkut keberlangsungan aset kripto itu sendiri.

"[Cermati] siapa pendirinya, apa programnya, mereka punya kepentingan apa untuk mengembangkan proyeknya," imbuhnya.

3. Komunitas

Berbeda dengan aset lainnya, komunitas merupakan salah satu elemen yang terpenting di aset kripto karena dapat menggerakan proyek yang dijalankan oleh tim pengembang.

Selaian komunitas, lanjut Jericho, investor dapat melihat ketertarikan investor lainnya terhadap sebuah koin. Investor dapat mencermati apakah ada investor lain dalam jumlah besar yang mengoleksi aset kripto atau tidak.

4. Whitepaper atau Roadmap

Jika di pasar modal dikenal dengan prospektus, maka aset kripto memiliki whitepaper. Whitepaper berisikan gambaran pengembangkan koin atau token kedepannya. Selain itu, investor juga dapat mencermati roadmap untuk melihat lini masa pengembangan.

5. Keamanan

Investor juga perlu menganalisis sistem keamanan yang telah diadopsi oleh sebuah blockchain. Pada dasarnya blockchain memberikan efisiensi terhadap ekonomi dan dapat mengembangkan teknologi lainnya sehingga butuh tingkat keamanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper