Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sah! ETF Bitcoin Berjangka Pertama di AS Mulai Diperdagangkan Minggu Depan

NYSE Arca pada Jumat sore telah mengeluarkan sertifikasi persetujuan untuk pencatatan ETF tersebut yang berarti bahwa bursa akan memungkinkan investor untuk memperdagangkan dana sebagaimana diizinkan berdasarkan undang-undang federal tanpa intervensi SEC.
Ilustrasi Mata Uang Kripto Bitcoin/Antara
Ilustrasi Mata Uang Kripto Bitcoin/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - ETF bitcoin berjangka dari ProShares akan mulai diperdagangkan minggu depan. Hal ini menandai momen tonggak dalam pengembangan industri crypto di Amerika Serikat (AS).

Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) belum secara resmi menyetujui pembuatan ETF bitcoin berjangka pada Jumat sore (15/10/2021). Pengumuman ProShares menunjukkan bahwa SEC tersebut tidak mungkin memblokir listing pada saat ini.

Dikutip dari CNBC internasional, NYSE Arca pada Jumat sore telah mengeluarkan sertifikasi persetujuan untuk pencatatan ETF tersebut yang berarti bahwa bursa akan memungkinkan investor untuk memperdagangkan dana sebagaimana diizinkan berdasarkan undang-undang federal tanpa intervensi SEC.

Seseorang yang akrab dengan pengambilan keputusan SEC mengklarifikasi bahwa ETF akan diizinkan untuk memulai perdagangan minggu depan, kecuali keluhan menit terakhir dari regulator.

ETF Strategi Bitcoin ProShares, yang akan memberikan eksposur ke kontrak berjangka bitcoin tetapi bukan pasar spot, akan diperdagangkan di bawah ticker “BITO.”

Tanggal yang diusulkan untuk listing adalah Senin (18/10/2021), menurut pengajuan baru. Tetapi itu tidak berarti saat itulah akan mulai diperdagangkan. Perdagangan bisa dimulai dalam seminggu ke depan. Sayangnya, ProShares menolak berkomentar.

Pendukung Crypto telah mendorong selama bertahun-tahun agar regulator menyetujui ETF yang terkait dengan bitcoin, dan kedatangannya diharapkan oleh banyak orang untuk membawa kelas investor baru ke dalam mata uang digital.

Antisipasi daftar ETF tampaknya meningkatkan harga bitcoin selama seminggu terakhir. Cryptocurrency telah melonjak lebih dari 10 persen selama seminggu terakhir dan diperdagangkan di atas US$61.000 pada Jumat sore (15/10/2021).

Beberapa perusahaan, termasuk Invesco dan Valkyrie, telah mengajukan permohonan untuk meluncurkan ETF serupa yang dapat mengikuti ProShares ke pasar dalam beberapa minggu ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hadijah Alaydrus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper