Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapitalisasi Ethereum Meroket 400 Persen Sepanjang 2021, Kripto Paling Seksi

Kapitalisasi pasar Ethereum melonjak lebih dari 400 persen secara ytd dan menembus US$425 miliar pada minggu ini. Lonjakan ini hampir lima kali lipat dari tingkat pertumbuhan Bitcoin pada periode sama.
Mata uang crypto Ethereum Emas pada dolar AS/ANTARA-Shutterstock/pri.
Mata uang crypto Ethereum Emas pada dolar AS/ANTARA-Shutterstock/pri.

Bisnis.com, JAKARTA – Sebagai salah satu dari tiga besar aset kripto paling populer di dunia, Ethereum dinilai menunjukkan performa ciamik sepanjang tahun berjalan ini (year to date/ytd), melebihi kompetitornya, Bitcoin.

Berdasarkan data MejoresApuestas.com, dikutip Rabu (13/10/2021), kapitalisasi pasar Ethereum melonjak lebih dari 400 persen secara ytd dan menembus US$425 miliar pada minggu ini. Pencapaian ini hampir lima kali lipat dari tingkat pertumbuhan Bitcoin pada periode yang sama.

Sejak awal fenomena cryptocurrency, Ethereum dan Bitcoin telah menjadi koin digital paling populer di industri kripto. Namun, tidak seperti Bitcoin, kapitalisasi pasar Ethereum melonjak pada 2021.

Data CoinMarketCap menunjukkan nilai gabungan dari semua koin ETH melonjak 490 persen dalam lima bulan pertama 2021, naik dari sekitar US$84 miliar pada Januari 2021 ke level tertinggi sepanjang masa sebesar US$497 miliar pada Mei 2021.
Namun saat masuk fase bearish, kapitalisasi ETH berkurang setengahnya hanya dalam tiga minggu, turun menjadi US$222 miliar pada minggu ketiga Mei 2021.

Setelah Juni dan Juli yang cenderung dinamis, harga koin digital terbesar kedua di dunia ini mulai kembali naik pada Agustus 2021, mendorong kapitalisasi pasarnya menjadi US$392 miliar pada akhir Agustus. Sejak itu, nilai gabungan dari semua koin Ethereum melonjak sekitar US$33 miliar dan mencapai US$425 miliar pada 11 Oktober, yang hanya 12 persen lebih rendah dari rekor kapitalisasi pasar Mei lalu.

Data CoinMarketCap juga menunjukkan, Ethereum adalah kripto ketiga yang paling banyak diperdagangkan selama September 2021, dengan volume perdagangan bulanan US$750 miliar, naik dari US$393 miliar pada sebulan sebelumnya.

Sebagai perbandingan, kapitalisasi pasar cryptocurrency paling mahal di dunia, Bitcoin, melonjak 95 persen secara tahunan, sementara Tether melonjak 224 persen pada periode ini.

Statistik menunjukkan Binance Coin dan Cardano adalah satu-satunya di antara lima kripto teratas yang mengalami pertumbuhan empat digit tahun ini, dengan kapitalisasi pasar masing-masing melonjak sebesar 1.310 persen dan 1.141 persen secara ytd.

Sebagai informasi, Ethereum dirilis pada 30 Juli 2015, dan dihargai US$0,75. Pada akhir Juli tahun berikutnya, harganya melonjak 1.500 persen. Otomatis Ethereum menjadi investasi yang paling sukses pada periode tersebut.

Tiga tahun kemudian, pada Januari 2018, harga Ethereum melonjak menjadi US$1.396. Setelah penurunan harga yang dalam pada bulan-bulan berikutnya dan sepanjang 2019, harga ETH pulih pada 2020 lantaran seluruh pasar crypto berkembang pesat di tengah krisis Covid-19.

Statistik menunjukkan bahwa antara Januari dan Desember 2020, harga ETH melonjak 411 persen, naik dari US$144 menjadi US$737.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Sumber : Mejoresapuestas.com/CoinMarketCap.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper