Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diterpa Isu Merger dengan FREN, XL Pastikan Pembahasan Akuisisi LINK Berjalan

XL telah menyelesaikan negosiasi terkait akuisisi 1.816.735.484 saham atau setara dengan 66,03 persen saham LINK dari PT First Media Tbk (KLBV) dan Asia Link Dewa Pte. Ltd.
Logo First Media Business/firstmedia.com
Logo First Media Business/firstmedia.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) memastikan pembahasan akuisisi 66 persen saham PT Link Net Tbk. (LINK) masih berlangsung hingga saat ini.

Adapun mengenai kabar merger dengan PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) dan dampaknya terhadap proses akuisisi tersebut, XL tidak dapat menjawab karena menjadi ranah pemegang saham.

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan saat ini pembahasan terkait LinkNet masih berjalan, agar tercipta kesepakatan yang saling menguntungkan.

“Pembahasan untuk memastikan kesepakatan bisa memberikan manfaat dan tidak merugikan salah satu pihak yang terkait dengan aksi korporasi ini,” kata Ayu kepada Bisnis, Minggu (10/10).

Adapun mengenai kabar merger dan dampaknya terhadap kesepakatan XL Axiata dalam mengakuisisi Link Net, Ayu belum dapat berkomentar, karena hal tersebut merupakan ranahnya pemegang saham

Sebelumnya, Axiata Group Bhd dan Grup Sinarmas dikabarkan tengah menjajaki opsi merger pada unit usaha di Indonesia, yakni PT XL Axiata Tbk. (EXCL) dan PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN).

Melansir Bloomberg, Jumat (8/10/2021), Axiata Group Bhd dan Grup Sinarmas bekerja sama dengan penasihat untuk mempertimbangkan opsi yang juga dapat mencakup kesepakatan seputar berbagi jaringan telekomunikasi mereka. Hal tersebut berdasarkan dua sumber yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena prosesnya bersifat pribadi.

Di lain sisi, XL juga tengah berupaya untuk mengakuisisi saham Link Net. Berdasarkan pengumuman XL Axiata kepada otoritas Bursa Efek Indonesia, XL telah menyelesaikan negosiasi terkait akuisisi 1.816.735.484 saham atau setara dengan 66,03 persen saham LINK dari PT First Media Tbk (KLBV) dan Asia Link Dewa Pte. Ltd.

“Para pihak telah menandatangani term sheet yang belum mengikat untuk mengambil alih sebanyak 1.816.735.484 saham yang mewakili sekitar 66,03 persen dari jumlah modal disetor dan ditempatkan dalam PT Link Net Tbk,” demikian tertulis dalam pengumuman XL Axiata tersebut, seperti dikutip Bisnis.

Adapun struktur transaksi akan disepakati oleh para pihak dari waktu ke waktu dan akan tunduk pada ketentuan yang tercantum dalam Perjanjian Jual Beli.

Apabila PJB telah ditandatangani, EXCL dan/atau Axiata Group akan menjadi pengendali baru Link Net.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper