Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Ruas Tol yang Siap Dijual Waskita (WSKT) ke SWF Indonesia

Saat ini, sekitar 50 persen dari 9 ruas jalan tol WSKT sudah beroperasi 100 persen.
Annisa Saumi
Annisa Saumi - Bisnis.com 08 Oktober 2021  |  18:07 WIB
Gerbang Tol Brebes Barat, Jalan Tol Pejagan-Pemalang. Jalan tol ini sepanjang 57,5 kilometer ini dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road. Jalan tol ini juga merupakan 1 dari 18 ruas tol yang konsesinya dimiliki Waskita Karya. - wtr.co.id
Gerbang Tol Brebes Barat, Jalan Tol Pejagan-Pemalang. Jalan tol ini sepanjang 57,5 kilometer ini dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road. Jalan tol ini juga merupakan 1 dari 18 ruas tol yang konsesinya dimiliki Waskita Karya. - wtr.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten infrastruktur PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) menyatakan akan fokus melakukan divestasi 9 ruas jalan tol perseroan.

Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono mengatakan, pihaknya akan mendivestasikan tol manapun yang diminati investor.

"Yang mana lagi? Sebetulnya yang mana saja yang ada peminatnya. Tapi kami akan merespon dari investor tentang ruas-ruas yang diminati," kata Destiawan dalam konferensi pers, Jumat (8/10/2021).

Setelah ruas tol Cibitung-Cilincing selesai dilakukan, Destiawan berujar pihaknya tengah menyiapkan ruas-ruas yang siap didivestasi. Ruas-ruas tersebut seperti ruas Cimanggis-Cibitung, Becakayu, Bocimi, serta Trans Jawa.

Sebagaimana diketahui, anak usaha WSKT, Waskita Toll Road atau WTR memiliki tiga ruas tol di Trans Jawa, termasuk ruas Pasuruan-Probolinggo.

"Intinya dari 13 yang akan kami recycle, empat sudah terealisasi sampai Oktober 2021, jadi masih ada 9 ruas," ucap dia.

Dari 9 ruas, lanjutnya, belum semua ruas selesai pembangunannya. Menurutnya, saat ini baru 50 persen dari 9 ruas sudah beroperasi 100 persen.

"Kami punya kewajiban untuk segera bisa menyelesaikan sisa ruas tersebut," tutur dia.

Adapun pembicaraan divestasi dengan investor strategis seperti Indonesia Investment Authority (INA) sebagai Sovereign Wealth Fund (SWF), tengah dilakukan Waskita. 

"INA masih melakukan masih kajian terhadap ruas yang diminati, mudahan ini segera deal transaksinya," kata dia. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN waskita karya divestasi
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top