Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

United Tractors (UNTR) Suntik Modal ke Anak Usaha Pembangkit Listrik

Setelah transaksi, United Tractors memiliki saham Energia Prima Nusantara sebanyak 109.285 lembar saham atau senilai Rp1,09 triliun.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 07 Oktober 2021  |  18:11 WIB
Kegiatan operasional PT Pamapersada Nusantara, anak usaha PT United Tractors Tbk. yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan. - unitedtractors.
Kegiatan operasional PT Pamapersada Nusantara, anak usaha PT United Tractors Tbk. yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan. - unitedtractors.

Bisnis.com, JAKARTA – PT United Tractors Tbk. (UNTR) menambah modal anak usahanya di sektor pembangkit listrik, yaitu PT Energia Prima Nusantara (EPN).

Berdasarkan keterbukaan informasi pada Kamis (7/10/2021), Energia Prima Nusantara mengeluarkan sebanayak 109.824 saham baru yang diserap oleh United Tractors. Peningkatan saham berlaku efektif pada 5 Oktober 2021

“Setelah melakukan peningkatan kepemilikan saham kepada EPN, perseroan memiliki saham sebanyak 109.285 lembar saham atau senilai Rp1.092.850.000.000 pada EPN,” tulis Sara Loebis, Sekretaris Perusahaan, dalam keterbukaan informasi.

Adapun, tujuan emiten bersandi UNTR tersebut melakukan Peningkatan Kepemilikan Saham dalam EPN adalah untuk tambahan modal usaha bagi kebutuhan operasional EPN.

Transaksi tersebut juga merupakan transaksi afiliasi sesuai dengan POJK 42 Tahun 2020 karena EPN merupakan anak usaha yang 51 persen sahamnya dimiliki UNTR, sedangkan sisanya dimiliki PT Pamapersada Nusantara. Sementara, saham PT Pamapersada Nusantara 100 persen dimiliki UNTR.

“Sejalan dengan transaksi tersebut dewan komisaris dan direksi perseroan menyatakan perseroan telah mengungkapkan semua informasi yang wajib diketahui oleh masyarakat," tulis manajemen. 

Sebagai informasi, EPN adalah anak usaha UNTR yang mengelola pembangkit listrik tenaga batu bara (PLTU) mulut tambang PAMA 1 berkapasitas 2x15 megawatt yang berlokasi di Barunang, Kalimantan Selatan. 

Pada hari ini, saham UNTR mengalami pelemahan, turun 625 poin atau 2,36 pernsen ke 25.900 dengan pergerakan sepanjang hari berkisar di 24.675 – 26.250. Hari ini, saham UNTR mencatat pembelian bersih oleh asing senilai Rp157,67 miliar.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembangkit listrik united tractors grup astra
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top