Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grup Djarum (Blibli) Resmi Akuisisi RANC Rp2 Triliun

Entitas Grup Djarum, PT Global Digital Niaga atau Blibli, resmi mengakuisisi 51 persen saham PT Supra Boga Lestari Tbk. (RANC) senilai Rp2,03 triliun.
Farmers Market/Bisnis-Nadya Kurnia
Farmers Market/Bisnis-Nadya Kurnia

Bisnis.com, JAKARTA - PT Global Digital Niaga atau Blibli resmi mengakuisisi saham emiten peritel PT Supra Boga Lestari Tbk. (RANC) pada Kamis (30/9/2021) senilai Rp2,03 triliun.

Direksi Blibli dalam pemberitahuan di Harian Bisnis Indonesia menyebutkan, pada 30 September 2021, Global Digital Niaga telah menyelesaikan pengambilalihan 797.888.628 (797,88 juta) saham RANC, atau sekitar 51 persen dari modal ditempatkan dan disetor.

Blibli mengakuisisi kepemilikan dari 7 entitas pemegang saham RANC, yakni PT Wijaya Sumber Sejahtera, PT Prima Rasa Inti, PT Gunaprima Karyaperkasa, PT Ekaputri Mandiri, Dr. David Kusumodjojo, Suhamo Kusumodjojo, dan Harman Siswanto.

"Saham-saham tersebut dibeli dengan harga Rp2.550, sehingga total transaksi pengambilalihan Rp2,03 triliun," papar Direksi Blibli dalam keterangannya, Jumat (1/10/2021).

Tujuan rencana pengambilalihan adalah untuk pengembangan usaha dan perluasan ekosistem perseroan sebagai salah satu perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia.

Adapun, susunan pengurus PT Global Digital Niaga sebagai berikut.

Dewan Komisaris
Komisaris Utama : Martin Basuki Hartono
Komisaris : Honky Harjo

Direksi
Direktur Utama : Kusumo Martanto
Direktur : Hendry
Direktur : Lisa Widodo
Direktur : Andy Untono
Direktur : Eric Alamsjah Winarta

Adapun, penerima manfaat dari Global Digital Niaga atau Blibli adalah dua orang terkaya di Indonesia pemilim Grup Djarum, yakni Robert Budi Hartono dan Bambang Hartono.

Sebagai akibat dari pengambilalihan, Global Digital Niaga akan melaksanakan penawaran tender wajib sesuai dengan peraturan OJK no.9/2021.

Sebelumnya, saham RANC terpantau mengalami transaksi di pasar negosiasi senilai lebih dari Rp2,1 triliun pada perdagangan Kamis (29/9/2021).

Berdasarkan data Bloomberg, saham RANC terpantau menguat 3,42 persen ke level Rp2.420 pada akhir perdagangan. Transaksi di pasar reguler tercatat mencapai 5,18 juta lembar saham dengan nilai transaksi Rp12,47 miliar.

Namun, di pasar negosiasi, terdapat transaksi sebanyak 811,1 juta lembar saham dengan nilai transaksi Rp2,1 triliun. Di mana transaksi itu hampir seluruhnya dilakukan oleh investor domestik.

Berdasarkan data RTI, top sellers maupun top buyers saham RANC di pasar negosiasi adalah BCA Sekuritas dengan kode broker SQ.

Untuk diketahui, pasar negosiasi adalah perdagangan antar pemegang saham yang dilakukan secara individu. Namun, proses jual beli tetap melalui perusahaan sekuritas dan tercatat dalam sistem perdagangan efek.

Sementara itu, sepanjang tahun berjalan harga saham Supra Boga terpantau telah mengalami peningkatan 455,05 persen, dengan kapitalisasi pasar saat ini mencapai Rp3,79 triliun.

PT Global Niaga atau Blibli, mengumumkan pada Rabu (15/9/2021) telah terjadi penandatanganan Perjanjian Pengikatan Pembelian Saham dalam PT Supra Boga Lestari Tbk.

Hal ini sehubungan dengan rencana Blibli untuk melakukan pengambilalihan atau akuisisi perusahaan pengelola Ranch Market tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper