Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNP Paribas AM Luncurkan Reksa Dana Indeks ETF IDXGrowth30

Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF, sebagai alternatif dan peluang diversifikasi bagi para investor untuk menangkap momentum pertumbuhan dari 30 perusahaan dengan tema pertumbuhan.
Presiden Direktur BNP Paribas AM Priyo Santoso pada Selasa (21/9/2021) meluncurkan Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF.
Presiden Direktur BNP Paribas AM Priyo Santoso pada Selasa (21/9/2021) meluncurkan Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF.

Bisnis.com, JAKARTA – PT BNP Paribas Asset Management (BNP Paribas AM) hari ini, Selasa (21/9/2021) meluncurkan Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF yang merupakan produk reksa dana Exchange Traded Fund (ETF) pertama dari perusahaan manajer investasi tersebut.

Produk ETF yang diluncurkan secara resmi oleh perusahaan dan Bursa Efek Indonesia (BEI) secara virtual tersebut terdaftar dengan kode perdagangan XBIG yang mulai diperdagangkan pada pagi ini dengan nominal sebesar Rp500 per unit penyertaan.

Berdasarkan keterangan resmi BNP Paribas AM, produk reksa dana tersebut diperdagangkan di BEI untuk memberikan eksposur bagi para investor ke 30 perusahaan dengan tema “pertumbuhan” dengan mengikuti kinerja indeks IDXGrowth30.

Presiden Direktur BNP Paribas AM Priyo Santoso mengungkapkan pertumbuhan ETF yang semakin popular di kalangan investor Indonesia terutama bagi investor institusi.

Berdasarkan data yang dikelola Otoritas Jasa Keuangan, dalam lima tahun terakhir, produk ETF di Indonesia mengalami pertumbuhan 114 persen ke Rp14,8 triliun per Agustus 2021. Meski demikian, produk ETF masih 2,74 persen dari total dana kelolaan (NAB) industri.

“Untuk itu, kami menghadirkan Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF, sebagai alternatif dan peluang diversifikasi bagi para investor untuk menangkap momentum pertumbuhan dari 30 perusahaan dengan tema pertumbuhan,” kata Priyo dalam keterangan resmi BNP Paribas AM, Selasa (21/9/2021).

Menurut Priyo, terdapat beberapa keunggulan berinvestasi melalui ETF diantaranya transaksi secara real-time, di mana harga juga tersedia secara langsung di bursa, sehingga memungkinkan investor untuk bertransaksi intra-day, selama jam perdagangan bursa.

Lebih lanjut, Priyo menjelaskan bahwa perusahaan memilih untuk mengikuti pergerakan indeks IDX Growth 30 yang telah terseleksi oleh BEI dan memiliki tren pertumbuhan laba yang baik dengan tujuan memperkenalkan investor pada manfaat dari berinvestasi dengan tema pertumbuhan tersebut.

BNP Paribas AM pun bekerjasama dengan PT Indo Premier Sekuritas sebagai dealer partisipan.

Sebagai informasi, ETF merupakan produk reksa dana dalam bentuk kontrak investasi kolektif yang unitnya diperdagangkan di bursa efek.

Transaksi ETF tersedia di pasar primer melalui dealer partisipan, dan di pasar sekunder melalui perusahaan sekuritas (broker).

Investor institusi dapat melakukan pembelian unit penyertaan Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX Growth30 ETF melalui pasar primer dan pasar sekunder, sedangkan investor individu hanya bisa bertransaksi melalui pasar sekunder.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper