Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diakuisisi WIKA, Pengelola SPAM Jatiluhur Tetap Disuntik Modal Jaya Konstruksi (JKON)

Direktur Jaya Konstruksi Manggala Pratama Zali Yahya mengungkapkan perseroan memberikan tambahan modal kepada entitas afiliasi PT Wika Tirta Jaya Jatiluhur yang sebelumnya merupakan anak usaha perseroan tersebut.
Pembangunan SPAM Jatiluhur I yang ditargetkan selesai di tahun 2017 akan mengalirkan air 5000 liter/detik. Air tersebut akan disalurkan ke Provinsi DKI Jakarta sebanyak 4000 liter/detik, Kabupaten Karawang 350 liter/detik, Kabupaten Bekasi 350  liter/detik dan Kota Bekasi 300 liter/detik./Dok. Cipta Karya.pu.go.id
Pembangunan SPAM Jatiluhur I yang ditargetkan selesai di tahun 2017 akan mengalirkan air 5000 liter/detik. Air tersebut akan disalurkan ke Provinsi DKI Jakarta sebanyak 4000 liter/detik, Kabupaten Karawang 350 liter/detik, Kabupaten Bekasi 350 liter/detik dan Kota Bekasi 300 liter/detik./Dok. Cipta Karya.pu.go.id

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten konstruksi, PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. (JKON) menyuntikan belanja modal Rp1,5 miliar kepada entitas afiliasi pengelola SPAM Jatiluhur, PT Wika Tirta Jaya Jatiluhur.

Direktur Jaya Konstruksi Manggala Pratama Zali Yahya mengungkapkan perseroan memberikan tambahan modal kepada entitas afiliasi yang sebelumnya merupakan anak usaha perseroan tersebut.

"PT Jaya Konstruksi Manggala Tbk. menginformasikan sesuai keputusan sirkuler pemegang saham PT Wika Tirta Jaya Jatiluhur, perseroan melakukan tambahan setoran modal sebesar Rp1,5 miliar," ungkapnya dalam keterbukaan, Selasa (21/9/2021).

Dia juga menegaskan transaksi ini tidak berdampak material terhadap kegiatan operasi, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha perseroan.

Emiten BUMN Karya, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) menyuntikan modal Rp402,03 miliar kepada entitas afiliasinya dan mengubah kepemilikannya menjadi pengendali anak usaha tersebut yakni PT Wika Tirta Jaya Jatiluhur (WTJJ).

WIKA menyuntikan belanja modal sebesar Rp402,03 miliar atas rencana investasi pada WTJJ yang akan dicatatkan sebagai uang muka setoran modal.

Biaya investasi belanja modal pada WTJJ tersebut berasal dari dana PMN sebesar Rp402 miliar dan bersumber dari kas sebesar Rp30 juta.

WIKA juga berencana memperbesar kepemilikan sahamnya di WTJJ dari sebesar 30 persen menjadi sebesar 80 persen melalui peningkatan modal disetor sebagaimana telah disepakati dalam Perjanjian Pemegang Saham WTJJ 15 Januari 2021.

Perseroan mengambil bagian atas porsi kepemilikan saham Perseroan di WTJJ sebesar 30 persen atau sebesar Rp21 miliar dan atas sisa saham yang tidak diambil oleh pemegang saham WTJJ lainnya.

WIKA mengambil sisa bagian saham tersebut sebesar Rp10,4 miliar untuk mengubah komposisi kepemilikan saham WIKA di WTJJ menjadi sebesar 80 persen sehingga menjadi pemegang saham pengendali WTJJ.

Sedangkan, pemegang saham WTJJ lainnya yaitu PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk (JAKON) akan terdilusi dari kepemilikan 60 persen menjadi 17,44 persen saham dan PT Tirta Gemah Ripah akan terdilusi dari 10,00 persen saham menjadi 2,56 persen.

Perseroan akan melakukan setoran modal kepada WTJJ sebesar Rp31,4 miliar yang akan diambil dari konversi uang muka setoran modal Rp402,3 miliar tersebut.

Setelah pelaksanaan konversi dari uang muka setoran modal sebesar Rp31,4 miliar, maka sisa uang muka setoran modal Perseroan di WTJJ sebesar Rp370,63 miliar. Selanjutnya, sisa uang muka setoran modal akan dilakukan setoran modal berdasarkan permintaan WTJJ melalui konversi.

Adapun manfaat dari rencana transaksi bagi WIKA diantaranya perseroan dapat mengembangkan usahanya di bidang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) melalui WTJJ.

Selain itu, WIKA akan menjadi pemegang saham pengendali di WTJJ dan meningkatkan kinerja keuangan Perseroan, yang pada akhirnya dapat menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham, sekaligus memberikan dividen bagi pemegang saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper