Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Pemandangan parabola dan kantor PT MNC Vision Network Tbk. (IPTV). - mncvision
Lihat Foto
Premium

Batalnya Merger Anak Usaha MNC Vision (IPTV) dengan MLAC, Sejarah Berulang?

PT MNC Vision Networks Tbk. (IPTV) dan Malacca Straits Acquisition Company (MLAC) batal melanjutkan rencana kolaborasi. Tahun lalu, IPTV juga gagal merealisasikan aksi korporasi serupa.
Annisa M., Annisa Saumi & Herdanang A. Fauzan
Annisa M., Annisa Saumi & Herdanang A. Fauzan - Bisnis.com
20 September 2021 | 06:42 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Sejarah seperti berulang bagi Grup MNC. Konglomerasi tersebut tampaknya harus mengubur sementara rencana melantai di bursa AS setelah PT Asia Vision Network (AVN), anak usaha PT MNC Vision Networks Tbk. (IPTV), membatalkan rencana merger dengan Malacca Straits Acquisition Company (MLAC).  

MLAC adalah Special Purpose Acquisition Company (SPAC), alias perusahaan cangkang, yang sudah terdaftar di bursa Nasdaq, AS.  

Pada Juni 2021, AVN menyerahkan draf laporan registrasi ke otoritas pasar modal AS, US Securities and Exchange Commission (SEC). Isinya, menyampaikan rencana merger antara induk Vision+ dan MNC Play itu dengan MLAC. 

Ketika itu, IPTV berharap aksi korporasi tersebut dapat rampung pada kuartal III/2021. Nantinya, AVN bakal terdaftar di Nasdaq sebagai perusahaan induk baru Indonesia yang terdaftar di AS.

“Bersama dengan Malacca Straits, kami bertekad untuk membawa bisnis OTT [Over-the-Top] dan streaming dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia untuk terdaftar di Nasdaq, pasar modal terbesar di dunia. Selanjutnya, dengan mengambil langkah ke depan yang signifikan ini, kami yakin akan dapat mempercepat pertumbuhan perseroan dengan model bisnisnya yang unik,” papar Presiden Direktur IPTV Ade Tjendra, kala itu.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Sabtu (18/9/2021), Corporate Secretary IPTV Muharzi Hasril mengatakan sebenarnya pihaknya telah memproses transaksi merger dengan MLAC sejak semester II/2020. Saat itu, transaksi SPAC masih sangat diminati investor di Nasdaq. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top