Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wijaya Karya (WIKA) Akusisi Pengelola SPAM Jatiluhur, Setor Modal Rp402,03 Miliar

Biaya investasi belanja modal pada WTJJ tersebut berasal dari dana PMN sebesar Rp402 miliar dan bersumber dari kas sebesar Rp30 juta.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 19 September 2021  |  23:09 WIB
Jajaran komisaris dan direksi PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) setelah RUPSLB pada Kamis (2/9/2021). -  WIKA.
Jajaran komisaris dan direksi PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) setelah RUPSLB pada Kamis (2/9/2021). - WIKA.

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten BUMN Karya, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) menyuntikan modal Rp402,03 miliar kepada entitas afiliasinya dan mengubah kepemilikannya menjadi pengendali anak usaha tersebut yakni PT Wika Tirta Jaya Jatiluhur (WTJJ).

"Dalam rangka untuk memberikan nilai tambah melalui kegiatan investasi bagi Perseroan, Perseroan melaksanakan pemenuhan kewajiban capex porsi Perseroan sebesar Rp402.030.000.000 dan penambahan setoran modal pada WTJJ oleh Perseroan yang menyebabkan perubahan persentase kepemilikan saham Perseroan di WTJJ," jelasnya dalam keterbukaan informasi, dikutip Minggu (19/9/2021).

Berdasarkan Keputusan Sirkuler Para Pemegang Saham WTJJ No. KLR-DIR/WTJJ.00003/2021 tanggal 23 Agustus 2021, telah disepakati oleh para pemegang saham WTJJ pemenuhan kewajiban capex porsi WIKA sebesar Rp402,03 miliar atas rencana investasi pada WTJJ yang akan dicatatkan sebagai uang muka setoran modal.

Biaya investasi belanja modal pada WTJJ tersebut berasal dari dana PMN sebesar Rp402 miliar dan bersumber dari kas sebesar Rp30 juta.

WIKA juga berencana memperbesar kepemilikan sahamnya di WTJJ dari sebesar 30 persen menjadi sebesar 80 persen melalui peningkatan modal disetor sebagaimana telah disepakati dalam Perjanjian Pemegang Saham WTJJ 15 Januari 2021.

Perseroan mengambil bagian atas porsi kepemilikan saham Perseroan di WTJJ sebesar 30 persen atau sebesar Rp21 miliar dan atas sisa saham yang tidak diambil oleh pemegang saham WTJJ lainnya.

WIKA mengambil sisa bagian saham tersebut sebesar Rp10,4 miliar untuk mengubah komposisi kepemilikan saham WIKA di WTJJ menjadi sebesar 80 persen sehingga menjadi pemegang saham pengendali WTJJ.

Sedangkan, pemegang saham WTJJ lainnya yaitu PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk (JAKON) akan terdilusi dari kepemilikan 60 persen menjadi 17,44 persen saham dan PT Tirta Gemah Ripah akan terdilusi dari 10,00 persen saham menjadi 2,56 persen.

Perseroan akan melakukan setoran modal kepada WTJJ sebesar Rp31,4 miliar yang akan diambil dari konversi uang muka setoran modal Rp402,3 miliar tersebut.

Setelah pelaksanaan konversi dari uang muka setoran modal sebesar Rp31,4 miliar, maka sisa uang muka setoran modal Perseroan di WTJJ sebesar Rp370,63 miliar. Selanjutnya, sisa uang muka setoran modal akan dilakukan setoran modal berdasarkan permintaan WTJJ melalui konversi.

Adapun manfaat dari rencana transaksi bagi WIKA diantaranya perseroan dapat mengembangkan usahanya di bidang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) melalui WTJJ.

Selain itu, WIKA akan menjadi pemegang saham pengendali di WTJJ dan meningkatkan kinerja keuangan Perseroan, yang pada akhirnya dapat menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham, sekaligus memberikan dividen bagi pemegang saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Aksi Korporasi wijaya karya
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top