Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan Backdoor Listing, Apa Alasan Blibli Akuisisi Supra Boga (RANC)?

Tim riset RHB Sekuritas menilai penjualan produk segar RANC adalah kekuatan utama perseroan.
Ilustrasi produk segar Ranch Market/RANC.
Ilustrasi produk segar Ranch Market/RANC.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Supra Boga Lestari Tbk. (RANC) disebut memiliki kekuatan dalam bisnis logistik produk segar yang berkontribusi atas 45 persen total penjualan 2020.

Analis RHB Sekuritas Michael Wilson Setjoadi mengatakan PT Global Digital Niaga atau Blibli.com berupaya meningkatkan penjualan produk segar. Selain itu, dia meyakini calon pengendali baru akan memberikan manfaat kepada RANC.

“[Akuisisi ini] bukan backdoor [listing bagi Blibli]. Blibli membeli RANC untuk meningkatkan Blibli Mart online groceries,” katanya kepada Bisnis pada Kamis (16/9/2021)

Sementara itu, Tim riset RHB Sekuritas menyatakan penjualan produk segar RANC adalah kekuatan utama. Menurut mereka selain membidik kalangan menengah yang berpenghasilan tinggi, RANC juga menawarkan produk segar berkualitas tinggi agar tetap kompetitif.

Tim menyatakan, perusahaan bertujuan untuk memperluas kontribusi penjualan produk segar untuk meningkatkan nilai tambah. Pasalnya, produk segar menyumbang sekitar 44 persen hingga 45 persen dari total penjualan pada 2020 dibandingkan dengan 2018 sebesar 42 persen hingga 43 persen.

Meskipun persaingan dari penjual produk segar platform online seperti Sayur Box, Tani Hub, dan banyak lagi. RANC, tulis tim, tetap RANC memiliki strategi solid yang membantunya tetap berada di garis depan.

Selain itu, RANC berencana membuka 6 hingga 10 toko baru setiap tahunnya. Perseroan masih melihat potensi yang cukup besar di wilayah Jabodetabek. Di sisi lain, perseroan masih memiliki potensi yang besar pada segmen penjualan online.

Pasalnya, pada akhir 2020 segmen tersebut hanya berkontribusi kurang dari 5 persen. Meski demikian, RANC telah berkolaborasi dengan aplikasi digital seperti HappyFresh, Tokopedia, dan GrabMart, untuk mengembangkan channel ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper