Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Karyawan melintas di dekat layar monitor perdagangan Indeks Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (17/2/2020). - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Lihat Foto
Premium

IPO Startup dan Potensi Sentimen Tapering Off The Fed

Perusahaan rintisan (startup) berpeluang menggelar IPO pada tahun depan. Namun, terdapat risiko yang berpeluang datang dari berbagai sisi, salah satunya dari fenomena tapering off dari kebijakan The Fed.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com
06 September 2021 | 19:28 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Sederet calon emiten dari sektor perusahaan rintisan (startup) berpeluang menggelar penggalangan dana melalui penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) pada tahun depan.

Misalnya saja, entitas hasil merger Gojek dan Tokopedia alias GoTo dikabarkan bakal melakukan IPO pada 2022.

Selain GoTo, dua nama perusahaan yang terafiliasi dengan Grup Djarum juga ingin melakukan IPO pada 2022. Kedua startup tersebut adalah Blibli.com dan Tiket.com. Adapun startup lainnya yang bakal menyusul adalah RUN System, Dekoruma, dan juga Tani Hub.

Sekadar informasi, lima dari enam perusahaan yang berencana melakukan IPO tersebut masih belum berstatus unicorn alias masih berstatus centaur. Sebab, mereka masih memiliki valuasi kurang dari US$1 miliar. 

Centaur adalah kategori startup dengan valuasi US$100 juta—US$999 juta. Dalam laporan DSInnovate Startup Report pada 2019, tercatat ada 27 centaur dari perusahaan rintisan yang berbasis di Indonesia. Adapun, pada 2020 meningkat menjadi 43 startup.

Adapun, meski sejumlah startup menyatakan berani untuk melangkah ke bursa, akankah aksi korporasi tersebut dapat berjalan mulus di tengah pasar yang masih dibayangi potensi volatilitas yang tinggi menghadapi sejumlah tekanan ketidakpastian? Apalagi, terdapat potensi risiko dari tapering off yang berlanjut pada tahun depan, sehingga dapat memengaruhi sentimen dari investor asing.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

To top