Solusi Platform GoTo Financial Lengkap dan Inklusif

Grup GoTo menghadirkan solusi bisnis lengkap bagi pengusaha UMKM ritel untuk mengembangkan dan memperbesar skala usahanya di Indonesia dengan platform GoTo Financial
Foto: dok. Gojek
Foto: dok. Gojek

Bisnis.com, JAKARTA - GoTo Financial memberikan solusi bisnis komprehensif dan inklusif untuk pelaku usaha dari berbagai industri. Terutama kepada para pengusaha UMKM yang sejauh ini masih menjadi penyangga utama perekonomian nasional.

Peran strategis UMKM yang menggeluti berbagai sektor mulai dari kuliner, jasa, hingga perdagangan eceran. Kontribusi UMKM saat ini menyumbang 61,7% terhadap PDB nasional, atau senilai Rp8.573,9 triliun.

Dengan kekuatan tersebut, UMKM berhasil menyerap tenaga kerja paling besar sejauh ini. Total tenaga kerja yang ikut menjadi bagian UMKM tercatat sebesar 117 juta pekerja, atau 97% dari jumlah seluruh tenaga kerja saat ini.

Melihat peran signifikan bagi perekonomian nasional tersebut, dibutuhkan upaya bersama guna memperkuat UMKM. Berbagai tantangan masih dihadapi UMKM seperti akses pendanaan maupun transformasi digital.

Salah satu peran memperkuat UMKM itu dilakukan oleh Grup GoTo. CEO Grup GoTo dan CEO GoTo Financial, Andre Soelistyo mengatakan bahwa pihaknya mengusung misi tidak hanya untuk memberikan solusi terbaik kepada konsumen, tetapi juga menghadirkan solusi bisnis lengkap bagi pengusaha UMKM ritel untuk mengembangkan dan memperbesar skala usahanya di Indonesia.

Selain memiliki layanan untuk mendukung aktivitas keuangan masyarakat melalui GoPay dan GoPaylater, GoTo Financial sebagai grup teknologi turut menyediakan layanan untuk pelaku usaha dan aktivitas berbisnisnya.

“Mitra usaha kami sangat istimewa, karena sebagai bagian dari ekosistem GoTo Financial, mereka bisa mendapatkan akses tidak hanya ke solusi teknologi tetapi juga menjadi bagian dari komunitas mitra usaha yang memiliki akses kepada berbagai pelatihan untuk meningkatkan peluang bisnis mereka. Tidak berhenti di pengusaha kuliner dan penjual marketplace, kami juga mendukung pelaku berbagai bidang usaha lainnya, dari penyedia jasa kecantikan, bengkel, pedagang eceran, hingga industri fesyen serta handicraft agar kita semua bisa bangkit bersama, terutama di masa pandemi ini,” ujarnya.

Head of Merchant Business Platform GoTo Financial Novi Tandjung, GoTo Financial, menjelaskan bahwa grup teknologi yang menyediakan layanan keuangan dan solusi bisnis bagian dari Grup GoTo, melengkapi rangkaian solusinya untuk semua pelaku usaha dari berbagai bidang supaya bisa bangkit bersama di masa pandemi.

Solusi Platform GoTo Financial Lengkap dan Inklusif

Foto: dok. Gojek

Gojek, tuturnya, memiliki layanan pengantaran makanan GoFood dan belanja GoShop, sedangkan GoTo Financial turut melengkapi solusi untuk bisnis dari berbagai skala, mulai dari UMKM, perusahaan rintisan, hingga korporasi, dengan menawarkan solusi bisnis lengkap melalui Midtrans (payment gateway terkemuka), Moka dan GoBiz Plus (jaringan Point of Sales terbesar di Indonesia), hingga platform GoBiz dan Selly yang dapat meningkatkan efisiensi usaha online.

Menurutnya, solusi bisnis dari GoTo Financial bukan merupakan suatu hal yang baru, layanan yang dimiliki telah berjalan sejak dulu. GoBiz plus atau Spots telah ada sejak tahun 2001, Midtrans sejak tahun 2012, Spots dan Midtrans diakuisisi di 2017, dan 2020 akuisisi Moka.

Di masa pandemi, katanya, solusi dari GoTo Financial untuk bisnis terbukti mencatat tren pertumbuhan positif. Inovasi terbaru dari jaringan Point of Sale (POS) Moka melalui GoStore yang memfasilitasi UMKM untuk membuat toko online sendiri, berhasil mencatat peningkatan jumlah mitra usaha empat (4) kali lipat di Kuartal 2 2021.

Sebagai Payment Gateway terdepan Indonesia, Midtrans mencatat peningkatan transaksi non-tunai hingga 75% sepanjang 2020. Selain itu, penggunaan fitur payment link untuk membantu toko offline dalam menerima pembayaran non-tunai lewat aplikasi chat dan email meningkat hingga 4 kali lipat sejak pandemi.

 “Aplikasi keyboard multifungsi Selly berhasil mempermudah proses administrasi UMKM yang mengandalkan penjualan di media sosial. Sejak pandemi, jumlah UMKM yang terdaftar pada aplikasi Selly meningkat hampir 2 kali lipat dan untuk melengkapi solusi non-teknologi, GoTo Financial turut menghadirkan Komunitas Retail GoTo Financial untuk pengembangan kompetensi UMKM ritel sebagai bagian dari akademi mitra usaha,” ujarnya.

GoTo Financial turut menghadirkan KONTAG (Komunitas Retail GoTo Financial) untuk pengembangan kompetensi UMKM ritel sebagai bagian dari akademi mitra usaha (KAMUS).

 “Solusi teknologi dan non-teknologi GoTo Financial bukan hal yang baru, sudah sejak dulu kami melayani seluruh lini usaha, tidak hanya kuliner. Diharapkan dengan pemanfaatan deretan solusi dari GoTo Financial, dapat membantu mitra usaha untuk beradaptasi dan bertumbuh sehingga bisa bangkit bersama di masa pandemi,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper