Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cuan Nih! Harga Emas Menguat ke Level Tertinggi 2,5 Bulan

Indeks dolar tergelincir segera setelah laporan data tenaga kerja AS dirilis, sehingga memperkuat daya tarik emas.
Emas batangan 24 karat ukuran 1oz atau 1 ons, setara 28,34 gram. Harga emas mengalami pergerakan ekstrim pada pekan ini yang mana sempat turun ke level US$1.800 per ons beberapa hari setelah memecahkan rekor harga tertinggi./Bloomberg
Emas batangan 24 karat ukuran 1oz atau 1 ons, setara 28,34 gram. Harga emas mengalami pergerakan ekstrim pada pekan ini yang mana sempat turun ke level US$1.800 per ons beberapa hari setelah memecahkan rekor harga tertinggi./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Harga emas berjangka menguat satu persen ke level tertinggi dalam 2,5 bulan pada akhir perdagangan Jumat (3/9/2021) waktu Amerika Serikat (AS), karena pertumbuhan pekerjaan AS yang lebih lambat dari perkiraan pada Agustus mendorong dolar lebih rendah. Hal ini menimbulkan keraguan tentang kepastian waktu pengurangan stimulus Federal Reserve.

Mengutip Antara, Sabtu (4/9/2021), kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember di divisi Comex New York Exchange, melonjak US$22,2 atau 1,23 persen, menjadi ditutup pada US$1.833,70 per ounce. Emas berjangka menguat 0,8 persen untuk minggu ini.

Sebelumnya, emas berjangka jatuh US$4,5 atau 0,25 persen menjadi US$1.811,50 per ounce pada Kamis (2/9/2021), setelah merosot US$2,1 atau 0,12 persen menjadi US$1.816 pada Rabu (1/9/2021), dan melonjak US$5,9 atau 0,33 persen menjadi US$1.818,10 pada Selasa (31/8/2021).

Pertumbuhan lapangan pekerjaan AS pada Agustus jauh di bawah ekspektasi di tengah lonjakan infeksi Covid-19.

Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan pada Jumat (3/9/2021) bahwa pengusaha-pengusaha AS hanya menambahkan 235.000 pekerjaan pada Agustus, lebih rendah dari ekspektasi pasar dan lebih rendah dari kenaikan pekerjaan yang direvisi naik sebesar 1,1 juta pada Juli dan 962.000 pada Juni.

Indeks dolar tergelincir segera setelah laporan tersebut dirilis, sehingga memperkuat daya tarik emas bagi mereka yang memegang mata uang lainnya.

"Emas menerima dorongan sambutan dari laporan (pekerjaan) yang jauh lebih lemah," kata analis Saxo Bank, Ole Hansen.

Menurut dia, fakta bahwa emas gagal menembus di atas resistansi US$1.835 dapat menunjukkan beberapa skeptisisme tentang penundaan pengurangan stimulus The Fed.

Beberapa analis berpendapat bahwa data pekerjaan yang lebih lemah dari perkiraan dapat memberikan alasan kepada Federal Reserve untuk mendorong kembali pengurangan pembelian aset. Sementara beberapa yang lain berpendapat bahwa data tersebut tidak mungkin mengubah strategi The Fed mengingat peningkatan tajam data pekerjaan AS dalam beberapa bulan lalu.

Gubernur The Fed Jerome Powell mengatakan pekan lalu bahwa jika pertumbuhan pekerjaan berlanjut, The Fed dapat mulai memotong pembelian aset tahun ini, tetapi akan tetap berhati-hati untuk menaikkan suku bunga.

Beberapa investor memandang emas sebagai lindung nilai terhadap inflasi yang lebih tinggi yang mungkin mengikuti langkah-langkah stimulus, sementara suku bunga yang lebih rendah mengurangi peluang kerugian memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

"Fokus pasar akan beralih ke pertemuan FOMC September mendatang. Kami terus melihat risiko kenaikan lebih lanjut untuk emas mengingat ekspektasi kami terhadap dolar melemah dan imbal hasil riil tetap sangat negatif," kata Suki Cooper, analis logam mulia di Standard Chartered Bank.

Logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Desember naik 88,4 sen atau 3,7 persen, menjadi ditutup pada US$24,802 per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober naik 27,4 dolar atau 2,76 persen, menjadi ditutup pada US$1.021,6 per ounce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Farid Firdaus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper