Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kilau Emas Redup, Investor Was-Was Tunggu Data Ini

Dari data Comex New York Exchange, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember mengalami penurunan tipis US$0,70 atau 0,10 persen menjadi ditutup pada US41.816,35 per ounce.
Ilustrasi emas batangan/ Bloomberg
Ilustrasi emas batangan/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Emas tercatat melemah pada akhir perdagangan Kamis pagi (2/9/2021) di Asia, karena investor menunggu laporan pekerjaan utama Amerika Serikat untuk petunjuk tentang kapan Federal Reserve kemungkinan mulai mengurangi langkah-langkah stimulus pada era pandemi.

Dari data Comex New York Exchange, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember mengalami penurunan tipis US$0,70 atau 0,10 persen menjadi ditutup pada US41.816,35 per ounce. Sehari sebelumnya, Selasa (31/8/2021), emas berjangka melonjak US$5,9 atau 0,33 persen menjadi US$1.818,10 per ounce.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, menguat 0,1 persen, tetapi mendekati level terendah lebih dari tiga minggu pada Selasa (31/8/2021), memberikan sedikit tekanan terhadap emas.

"Pencetakan di atas satu juta lapangan pekerjaan akan menempatkan tekanan dan menjadi bearish untuk emas. Sedangkan angka sekitar 700.000, atau lebih rendah, akan mengurangi kekhawatiran tersebut dan mendukung emas," kata Jeffrey Halley, analis pasar senior, Asia Pasifik di OANDA.

Dia menambahkan emas tidak memiliki momentum untuk diperdagangkan secara signifikan menjauh dari zona rata-rata pergerakan 100 dan 200 hari. Sementara itu, para ekonom dalam survei Reuters memperkirakan data penggajian (payrolls) nonpertanian AS meningkat 750.000 pada Agustus.

Pemulihan yang kuat di pasar tenaga kerja merupakan prasyarat penting bagi keputusan Fed untuk melakukan pengurangan stimulus.

Pekan lalu, Ketua Fed Jerome Powell mengakui dalam sambutannya di simposium Jackson Hole bahwa pengurangan stimulus (tapering) bisa dimulai tahun ini, tetapi akan tetap berhati-hati dalam keputusannya untuk menaikkan suku bunga.

Komentarnya dianggap dovish dan mengirim emas naik 1,4 persen pada Jumat (27/8/2021).

Sementara itu emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang, yang disebabkan oleh langkah-langkah stimulus besar-besaran, suku bunga yang lebih rendah juga mengurangi peluang kerugian memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

"Kurangnya tindak lanjut dalam emas [setelah simposium Jackson Hole] sangat menunjukkan fakta bahwa pasar mengakui bahwa arah kebijakan sekarang adalah mulai mengurangi stimulus," kata ahli strategi mata uang DailyFX Ilya Spivak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper