Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Buntut Perpanjangan PPKM Level 4, Rupiah Melemah

Salah satu sentimen yang mempengaruhi pergerakan rupiah adalah meningkatnya jumlah kasus positif virus corona di Indonesia, sehingga pemerintah memperpanjang kebijakan PPKM Level 4.
Karyawati salah satu bank memperlihatkan uang rupiah dan dolar di Jakarta, Kamis (29/4/2021). Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawati salah satu bank memperlihatkan uang rupiah dan dolar di Jakarta, Kamis (29/4/2021). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Nilai tukar rupiah ditutup terkoreksi pada Selasa (27/7/2021) seiring dengan respon pasar terhadap perpanjangan kebijakan PPKM Level 4.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah mengakhiri perdagangan dengan pelemahan 0,07 persen menjadi di posisi Rp14.492,50 per dolar AS. Sementara itu, indeks dolar AS menguat 0,12 persen menjadi di level 92,76.

DIrektur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dalam laporannya menjelaskan, salah satu sentimen yang mempengaruhi pergerakan rupiah adalah meningkatnya jumlah kasus positif virus corona di Indonesia. Hal ini menyebabkan pemerintah memperpanjang kebijakan PPKM Level 4 hingga 2 Agustus mendatang.

“Kebijakan ini juga berpotensi diperlakukan selama minimal 12 bulan atau 3 bulan, sampai seluruh masyarakat telah divaksin sehingga sudah dapat berdampingan dengan covid-19. Dari situ, pemerintah baru merubah PPKM dari level 4 ke level 3 dan seterusnya,” jelasnya.

Untuk menopang PPKM Level 4 maka pemerintah menambah anggaran PEN terhadap sektor kesehatan dan kembali melakukan intervensi melalui Bansos, BLT, tunjangan untuk karyawan yang bergaji dibawah UMP serta tunjangan lainnya.

Selain itu guna untuk mensuksekan program vaksinasi, maka Presiden Joko Widodo juga terus melakukan kunjungan ke berbagai wilayah guna mensosialisasikan agar masyarakat segera di vaksinasi agar bisa membantu program pemerintah.

Dari luar negeri, pelaku pasar memantau pertemuan bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed), yang berakhir pada hari Rabu. Pelaku pasar memprediksi tidak ada perubahan kebijakan pada pertemuan ini.

Meski demikian, para pedagang akan mencari diskusi tentang waktu penghapusan pembelian obligasi bank sentral serta pemikiran anggota atas tingkat inflasi yang meningkat saat ini.

Sementara itu, risiko dari varian Delta terus meningkat secara global. Ahli Penyakit Menular AS Anthony Fauci mengatakan beberapa orang Amerika mungkin memerlukan suntikan tambahan di tengah mandat masker baru dan lonjakan kasus baru.

China melaporkan jumlah kasus tertinggi sejak akhir Januari, sementara infeksi baru juga melonjak di Jepang, di mana Tokyo saat ini menjadi tuan rumah Olimpiade.

Untuk perdagangan Rabu (28/7/2021) besok, Ibrahim memprediksi rupiah akan kembali melemah pada rentang Rp14.480 - Rp14.520 per dolar AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper