Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terungkap! Alasan RHB Asset Management Indonesia Dijual ke Allianz

Usulan transaksi penjualan saham RHB Asset Management diharapkan selesai pada kuartal IV/2021 dan tunduk pada ketentuan preseden CSPA, termasuk persetujuan OJK. 
Aplikasi trading RHB Trade Smart/Istimewa
Aplikasi trading RHB Trade Smart/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT RHB Sekuritas Indonesia menjual layanan manajemen investasinya kepada Allianz Global Investors Asia Pacific Ltd (AllianzGI) dan PT Asuransi Allianz Life Indonesia.

Induk usaha perusahaan yang berbasis di Malaysia, RHB Banking Group mengatakan RHB Sekuritas Indonesia siap menjual 98,62 persen dan 1 persen kepemilikan saham di PT RHB Asset Management Indonesia masing-masing kepada AllianzGI dan Allianz Life Indonesia. Namun, perusahaan tidak mengungkapkan detail harga transaksi.

RHB Asset Management Indonesia telah melayani pelanggan Grup Indonesia selama 12 tahun terakhir, dan mempertahankan Asset Under Management (AUM) sebesar US$480 juta per Desember 2020.

Dalam kurun waktu tersebut, RHB Asset Management dinilai telah mengembangkan basis kliennya secara signifikan melalui distribusi multi-saluran. Keputusan perusahaan adalah konsisten dengan strategi FIT22 Grup untuk fokus pada kekuatan dan kemampuannya untuk bersaing efektif.

RHB Banking Group akan terus membangun bisnis broker atau pialang saham dan selektif bisnis perbankan investasi di Indonesia.

“Klien RHB AMI yang sudah ada akan mendapat manfaat dari aksi korporasi ini dengan memiliki akses ke rangkaian produk dan layanan investasi yang luas, serta investasi regional dan global keahlian dan kemampuan penelitian melalui jaringan AllianzGI. Tim kami di Indonesia akan memastikan kelancaran transisi klien kami serta staf RHB AMI,” kata Dato' Khairussaleh Ramli, Group Managing Director dan Group CEO di RHB Banking Group dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (27/7/2021).

Dato’ Khairussaleh menambahkan, Indonesia tetap menjadi penggerak pasar utama dan bagian penting dari RHB Banking Group kawasan regional, di mana RHB telah beroperasi selama 12 tahun.

Oleh karena itu, pihaknya akan fokus pada peningkatan dan mengembangkan bisnis pialang saham dan perbankan investasi di Indonesia melalui PT RHB Sekuritas Indonesia dengan berinvestasi pada kapabilitas inti untuk mendorong pertumbuhan bisnis.

Sebagai informasi, usulan transaksi penjualan saham RHB Asset Management diharapkan selesai pada kuartal IV/2021 dan tunduk pada ketentuan preseden CSPA, termasuk persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper