Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Teknisi memasang perangkat Base Transceiver Station (BTS) di salah satu tower di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/3/2020). - Bisnis/Paulus Tandi Bone
Lihat Foto
Premium

Saham Centratama Telekomunikasi (CENT) dan Ambisi Edge Point Kuasai BTS Indonesia

Edge Point Group baru saja menambah sahamnya di PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk. (CENT). Bagian dari ekspansi besar di Indonesia?
Dhiany N. Utami & Annisa M.
Dhiany N. Utami & Annisa M. - Bisnis.com
08 Juli 2021 | 22:29 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Langkah Edge Point Group mengakuisisi 4.200 menara telekomunikasi yang sebelumnya dimiliki PT Indosat Tbk. (ISAT), rupanya bukan satu-satunya aksi korporasi yang dilakukan perusahaan Singapura itu di Indonesia. PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk. (CENT) adalah emiten menara lain yang rupanya masih menjadi incaran.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (8/7/2021), Edge Point mengungkapkan telah menyelesaikan pembelian atas 10.290.543.417 saham CENT. Jumlah tersebut mewakili 33 persen dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam CENT.

"Harga pembelian sebesar Rp198 per saham sehingga harga total pembelian saham senilai Rp2.037.527.596.566," demikian disampaikan manajemen Edge Point.

Sebelum pembelian saham ini dilakukan, Edge Point sebenarnya sudah menjadi pemegang saham utama CENT. Namun, dominasi perusahaan tersebut makin kuat, karena kini resmi menguasai 76,8 persen saham CENT.

Mengacu data BEI, sebelumnya, ada 3 pemegang saham CENT dengan porsi kepemilikan di atas 5 persen. Ketiganya adalah Edge Point dengan 43,79 persen saham, Clover Universal Entreprise Ltd. dengan 47,95 persen, dan publik dengan 8,25 persen.

Dalam keterbukaan informasi tersebut, manajemen Edge Point menuturkan penambahan porsi saham ini merupakan bagian dari perluasan bisnis perseroan ke Indonesia. Hal ini disebut sejalan dengan strategi investasi Edge Point untuk berinvestasi di penyelenggara menara telekomunikasi (Base Transceiver Station/BTS) dan infrastruktur terkait.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top