Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Gerbang Tol Brebes Barat di ruas Jalan Tol Pejagan-Pemalang. Jalan tol ini merupakan 1 dari 18 ruas tol yang konsesinya dimiliki PT Waskita Karya (Persero) Tbk. - wtr.co.id
Lihat Foto
Premium

Secercah Harapan Waskita Karya (WSKT) Keluar dari Tumpukan Utang

Anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk. sedang rajin melakukan restrukturisasi utang. Berapa besar beban yang ditanggung emiten infrastruktur ini dan bagaimana pengaruhnya terhadap rekomendasi sahamnya?
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com
30 Juni 2021 | 13:42 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Benang kusut utang bertumpuk perusahaan konstruksi pelat merah PT Waskita Karya (Persero) Tbk. perlahan terurai. Sinyal jalan tengah muncul seiring mulai berhasilnya sebagian entitas anak emiten berkode saham WSKT tersebut untuk melakukan restrukturisasi utang.

Adalah PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) dan PT Waskita Bumi Wira (WBW) yang terakhir kali melakukan restrukturisasi utang. Keduanya adalah cucu WSKT dari anak usahanya, PT Waskita Toll Road.

KDDM mendapat restrukturisasi untuk fasilitas pinjaman Tranche 1A dan Failitas Tranche 1B senilai Rp3,49 triliun dengan masing-masing kreditur adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), serta PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk. (AGRO).

Sementara itu, fasilitas pinjaman WBW yang direstrukturisasi adalah kredit sindikasi Rp4,74 triliun dengan kreditur BBNI, BBRI, PT Sarana Multi Infrastruktur, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (BJTM), BPD NTT, BPD Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, BPD Kalbar, BPD Riau Kepri, BPD Papua, BPD Bali BPD Kalsel, BPD Bengkulu, BPD Maluku dan Maluku Utara, PT Bank Pan Indonesia Tbk. (PNBN), BPD Lampung, Bank ICBC Indonesia, serta PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA).

“Dengan dilakukannya addendum fasilitas kredit sindikasi ini, diharapkan akan memberikan dampak yang baik bagi proses restrukturisasi keuangan yang sedang dilakukan, dan bagi kelangsungan usaha dan kondisi keuangan perseroan ke depan,” papar SVP Corporate Secretary WSKT Ratna Ningrum lewat keterbukaan informasi, Selasa (29/6/2021).

Perjanjian restrukturisasi kali ini meliputi perjanjian baru berupa suku bunga kuartalan sebesar 3 persen yang berlaku sejak 25 April 2021.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Berlangganan Sekarang
Berbagai metode pembayaran yang dapat Anda pilih:
  • visa
  • mastercard
  • amex
  • JCB
  • QRIS
  • gopay
  • bank transfer
  • ovo
  • dana

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top